Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri

By | 22 August 2016

Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri

Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri – Acara televisi maupun film menjadi hiburan yang tidak ada matinya, pada prakteknya kamu bisa menikmati film kesayangan kamu di televisi, bioskop maupun secara online streaming seperti yang akan kita bahas hari ini.

Beberapa waktu lalu admin sempat memposting artikel seputar web movie, ternyata pembaca cukup antusias hingga banyak sekali yang menghubungi admin dan menanyakan tentang bagaimana cara membuat website atau situs nonton film online ini.

Sebenarnya teknis pembuatan web movie bisa saja kamu pasrahkan ke penyedia jasa pembuatan website, kalau rentang harga tentunya berbeda – beda tiap layanan. Namun sebenarnya kamu bisa membuat sendiri situs nonton film online ini, meskipun kamu memulainya secara otodidak.

Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri

Artikel ini tidak menjelaskan bagaimana teknis detailnya, tapi memberikan step dan gambaran umum. Kalau soal teknis cara membuat nanti bisa coba kamu search sendiri setiap step – step berikut ini:

1. Pilih hosting dan domain

Sebenarnya di awal pembuatan website, kamu bisa memilih paket hosting yang murah pun tidak jadi masalah. Karena nantinya kalau visitor web kamu sudah naik, kamu bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi atau pindah ke layanan hosting lain pun bisa.

Admin sebenarnya menyarankan teman – teman menggunakan hosting atau terlebih VPS dari luar negeri. Perlu teman – teman ketahui bahwa web movie ada sisi negatifnya, yakni pelanggaran hak cipta yang bisa saja web hosting dalam negeri Indonesia tercinta ini ada yang tidak memperbolehkannya.

Takutnya ketika web sudah berjalan malahan di suspend sama penyedia hosting, seperti pengalaman admin di D**a Web kemarin yang langsung di suspend begitu saja tanpa di berikan backup file webnya.

Rekomendasi hosting luar negeri yang bisa kamu coba seperti Hostgator, Hawkhost, iPage, BlueHost dan lain sebagainya. Sementara untuk domain bisa kamu beli dimana saja, pastikan kamu memilih nama domain yang unik dan keren ya?

2. Install WordPress

WordPress merupakan solusi bagi kamu yang memang tak paham bagaimana membangun website dengan coding sendiri. Nantinya kamu dapat install WordPress melalui kontrol panel hosting kamu, gampang kok tinggal klik saja. Untuk tutorial bagaimana menginstall WordPress di hosting bisa kamu simak disini.

3. Pilih dan install theme Movie

Setelah kamu berhasil install WordPres selanjutnya adalah dengan install theme movie. Beberapa theme movie yang cukup populer seperti Keremiya dan Grifus, kamu bisa membeli salah satu dari theme tersebut. Untuk harga sebenarnya sedikit lebih mahal, karena memang fitur di dalamnya berbeda dengan theme WordPress biasa. Theme tersebut di desain untuk kamu agar lebih mudah dalam memposting movie.

4. Tempat penyimpanan / upload file movie

Memang tidak disarankan kamu untuk upload file movie di hosting sendiri, karena pasti butuh space yang sangat besar. Ini cukup menyulitkan ketika kamu hendak berpindah hosting atau ingin melakukan backup secara manual.

Beberapa cloud storage tempat penyimpanan film yang cukup di rekomendasikan adalah Google Drive premium, kenapa harus premium? karena yang free kapasitasnya terbatas dan ada limit view videonya. Selain itu Google Drive juga bebas tanpa iklan, sehingga penonton lebih nyaman.

Beberapa penyimpanan file movie lainnya seperti Openload dan Videomega, selain gratis dan ‘unlimited’ setiap movie yang di tonton ada di download kamu akan mendapatkan bayaran.

Selain itu dengan menyimpan file movie di server lain maka kamu akan lebih hemat bandwidth hosting, karena setahu admin ketika memutar video dari sumber lain maka sumber dimana file video itu disimpan lah yang kena bandwidthnya.

5. Lalu bagaimana cara memutar file movie di web kamu?

Caranya cukup dengan menggunakan iframe, nanti kamu bisa memasukkan video dari sumber lain seperti Google Drive, YouTube, Openload dan lain sebagainya untuk bisa di putar di web kamu.

kode:

<iframe src=”link-file-movie″ width=”710″ height=”400″ frameborder=”0″ marginwidth=”0″ marginheight=”0″ scrolling=”NO” allowfullscreen=”allowfullscreen”></iframe>

seperti ini contohnya:
Kamu bisa menyesuaikan ukuran panjang dan lebar iframe sendiri.

6. Kelebihan dan kekurangan web movie

Kelebihan: website nonton film online cukup banyak peminatnya, selain itu sangat mudah sekali mendapatkan pengiklan, kalau soal penghasilan web movie ini sangat menggiurkan. Kekurangan: rawan di blokir oleh operator Indonesia, tapi kamu bisa mengakalinya dengan redirect ke domain baru.

Nah itulah secara garis besar cara membuat web movie online, mohon maaf admin belum bisa membahasnya dengan detail. Jika teman – teman merasa kesulitan dalam membuat web movie ini, teman – teman bisa menggunakan jasa admin untuk membuat webnya sekaligus optimasi SEO web tersebut, plus suport konsultasi sampai bisa dengan admin. Untuk contoh web yang admin buat termasuk web klien diantaranya nontonmv.com, nontonstream.com, movieon21.com, nontonsub.com, hotmuv.com, i21.tv.

Jika teman – teman menggunakan video dari Google Drive dan takut URL videonya di ambil dan di embed orang, admin bisa bantu settingkan dengan bantuan plugin agar sumber URL video di enskrip dan tidak bisa di ambil dan di embed oleh web lain.

Vimax Canada
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

50 thoughts on “Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri

  1. natiq

    Gan, maaf nih kalau komennya agak keluar dari pembahasan di atas.

    Web movie atau streaming movie emang rawan pemblokiran, tapi entah kenapa ada web semacam itu yang kayaknya aman-aman aja, misalnya LayarKaca 21. Menurut agan, itu penyebabnya apa/kenapa ya? Soalnya saya penasaran sekali.

    Pertanyaan lain, kalau umpama saya bikin web movie/streaming menggunakan host Blogger, apakah pihak Blogger mengijinkan? Saya takutnya keblokir di tengah jalan.

    Reply
    1. s.magi Post author

      Baik menurut admin sendiri, layarkaca21 dan situs lainnya bisa lolos dari pemblokiran adalah karena mereka tidak memposting film vulgar.

      Nah kalau host di blogger atau blogspot, sebenarnya siapa saja beresiko terhapus, entah itu web movie ataupun web lainnya. Bahkan banyak kasus dimana pemilik blog di blogspot terhapus blognya karena melanggar kebijakan blogger, termasuk admin dulu juga mengalaminya.

      Kalau pakai hosting blogger malah resikonya dobel2, yang pertama resiko domain terblokir operator dan yang kedua website agan di hapus sama blogger karena pelanggaran tertentu. Sementara untuk domain terblokir bisa di redirect ke domain baru kalau terblock operator.

      Membangun situs web jenis apapun paling aman adalah menggunakan hosting sendiri, karena kita punya kendali penuh sehingga pekerjaan yang sudah kita lakukan selama berbulan – bulan atau bertahun – tahun lebih aman. Sebagai contoh blog sederhana ini, mau kena hacker apa kena virus atau server rusak dan lain sebagainya admin tetap tenang karena selalu punya backup dan tinggal di migrasi ke host lain.

      Reply
  2. Herman

    Halo mas..mau nanya nih..kalau plugin untuk pemutar videonya sendiri apa ya mas?.. terimakasih.

    Reply
    1. s.magi Post author

      Halo mas Herman, untuk plugin player videonya yang populer adalah JWPlayer, selain itu ada juga VideoJS.

      Reply
  3. andri

    mau nanya mas, kalo misal buat streaming anime jenis serial/episode biar setiap kali posting episode baru tidak membuat postingan baru jd filmnya ngumpul gmn y karena jenis filmny sama,jadi seperti posting film baru tapi di dalam posting yg lama, sy pke wordpres,terimakasih

    Reply
    1. s.magi Post author

      Biasanya setiap theme movie ada mode post Series, seperti di theme Keremiya misalnya. Admin lihat banyak yang post seri – seri film seperti film korea di theme tersebut, jadi tinggal edit saja kalau ada seri baru. Theme movie kan juga ada banyak kolom untuk nambahin embed video, setiap kolom beri nama saja Seri 1, Seri 2 dan seterusnya. Nah kalau theme yang digunakan bukan theme movie ya paling ngisi link aja, manual gitu.

      Reply
  4. andri

    Mau nanya lagi mas, saya baru belajar bikin web film , masih prematur he, filmnya sy uplod di google drive, pake embed pake iframe tapi akhir2 ini setiap saya mau buka filmnya muncul skip this ad di tombol play, apakah ini wajar maaf sy masih minim pengalaman, terimakasih sebelumnya

    Reply
    1. s.magi Post author

      Mungkin masnya embed dari sumber lain maka iklan dari web tersebut ikut kebawa juga karena di web asal memang sudah di pasang iklan, kalau upload sendiri ke Google Drive sudah pasti tidak ada iklannya.

      Reply
  5. Fahri

    Mas mau tanya, kalo buat sembunyikan url video nya bagaimana??
    maksud saya waktu kita control+U disitu kan keliatan url video yg kita gunakan, biar ga keliatan url video nya gmn mas? biar ga bisa di curi gtu mas.

    terimakasih.

    Reply
    1. s.magi Post author

      Sebenarnya itu bisa sih agar page source tidak bisa di lihat, ada 2 cara yang pertama dengan menggunakan coding di PHPnya dan yang kedua dengan menggunakan player seperti JWplayer. Mungkin bisa mencoba menggunakan JWplayer, nanti sumber videonya bisa ambil yang Google Drive, Picasa atau Dropbox, kalau dari Openload atau Videomega setahu admin tidak bisa menggunakan JWplayer, kebetulan juga admin belum paham menggunakan JWplayer.

      Reply
      1. Fahri

        iya mas saya juga pake Gdrive sama playernya pake jwplayer. saya masih belajar2 mas, maklum saya otodidak wong ndeso yg ga paham pemograman. terutama PHP saya buta banget mas. ini jg masih pake subdomain sama hosting gratis, krna niatnya mau belajar dulu nanti setelah bisa baru mau sewa hosting berbayar.

        masalahnya pas di contol + U diliat source page nya itu masih kelihatan url video nya jd masih bisa di curi. tau ada plugiin yg bisa enkripsi link url video nya mas??

        Reply
        1. s.magi Post author

          Ya semua juga berawal dari belajar, kebetulan kurang paham apakah ada plugin demikian. Coba browsing – browsing cari info, biasanya blog/situs luar negeri banyak yang posting hal – hal demikian, kebetulan admin juga belum sempat cari tahu info seperti itu, mungkin besok – besok.

          Reply
  6. Fahri

    Mas boleh minta email atao no WA nya?? saya mau tanya2 masalah hosting, saya punya rencana mau sewa hosting luar negri tp ga paham cara pembayaran dll nya. sekalian mau tanya yg jual jasa upgrade Gdrive premium.

    makasih sblmnya mas, maaf kalo udh ngerepotin. :D

    Reply
  7. Aldini

    kalo saya biasa nonton film di Bintangmovie.com mas, karena tampilannya juga menarik , baik di pc maupun dari hp. dan juga tidak ada iklan iklan seperti banner atau adsense yang mengganggu, kalo di layar kaca kebanyakan iklannya (bukan bermaksud menjelekkan). Tapi kalo saya lbh mementingkan kenyamanan dan kecepatan loading kalo mau nonton..

    thanks infonya mas, jd pengen bikin web movie sendiri, hahaha

    Reply
  8. hasan

    btw gan kalo di openload agar tampilan awal vidionya cm 1 gambar gitu gimana gan caranya , thanks gan sblumnya.

    Reply
  9. Fuad

    Mau tanya mass kalo misal bikin web movie kan kita otomatis harus ambil film orang, nah masalah nya bakan kena copyright apa ngga dan misal nya kena apa dampak terhadap website kita nantinya mas?

    thanks,

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ya kalau yang punya film klaim mungkin di ajukan ke DMCA, nanti konten yang di laporkan akan di hapus dari Index Google :)

      Reply
  10. JHONI EFFENDI

    bang s. magi.. mf sy mau tanya gpp kan.. apakah bisa goggle drive sy jadikan upload flim untuk data penyimpanan flim sy untuk website saya dan apakah bekerja dan memutar flim apalbila ada penggunjung mau nonton online ato download bang.. maaf sy masih tahap html dn css.. kedepannya mau focus buat web flim.. mohon infonmya bang.. dimana yg bagus untuk penyimpanan data flim ?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Google Drive bisa di jadikan penyimpanan dan download film, tapi jika versi Google Drivenya yang gratis maka penyimpanannya terbatas dan ada limit play maupun download, jadi tidak bisa satu video di satu Google Drive di putar / download berkali – kali. Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan Google Drive premium, atau alternatif lain ada Openload tapi ada iklannya. Kalau soal kenyamanan tetap Google Drive Premium menurut admin yang terbaik :)

      Reply
  11. Heilen

    Untuk yang membutuhkan player yang bisa play GDrive masuk sini gan playerjwvideos[.]com. Mereka menyediakan player untuk memudahkan embed di situs kita, dan 100% free. Dan yg jelas mereka memakai server yg kuat jadi gk akan sedot bandwith situs kita.

    Reply
  12. Yogi Sutrisno

    Mas kalo mau masukin subtitle diplayer nya gimana ya?, saya pake openload, kalo mau post film mesti pake plugin ya?, karena saya post embed nya aja.saya masih belajar mas, jdi banyak yg kurang ngerti..

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ada opsi buat insert subtitle kan mas? admin tidak pernah edit movie dan hanya ambil dari sumber – sumber yang sudah ada :)

      Reply
      1. Yogi Sutrisno

        Oh iya mas thaks ya, baru sadar hehe..
        kalo openload bisa pake plugin apa mas?

        Reply
  13. andri

    Mau nanya mas, web film kan yang menarik ga cuma bisa nonton film saja, tapi bs juga di download, itu cara dapet link yang di pasang di tombol download gimana ya mas

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ya tergantung masnya upload atau dapet sumber linknya dari mana, setiap penyimpanan seperti Google Drive atau Openload ada link downloadnya. Jadi satu file itu bisa di embed buat di putar dan juga bisa di download. Kalau memasang tombol download, itu tergantung dari theme yang digunakan, ada yang sudah otomatis ada kolom untuk masukin link download kalau tidak ada ya bisa dengan cara manual di kasi tombol sendiri dan di kasi link ke link download :)

      Reply
  14. Rebelzz32

    om s.magi boleh minta WA nya ..saya mau konsul tentang pembuatan web film, domain serta hosting sdh ready ..tggal mengaplikasikanya..mohon di bantu ya mas …-terima kasih-

    Reply
    1. s.magi Post author

      mohon maaf mas admin tidak melayani tanya jawab selain melalui form komentar, jadi bisa di sampaikan disini saja :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      ya bisa di letakkan di kolom posting, atau biasanya setiap theme sudah tersedia kolom iframenya :)

      Reply
  15. fend

    Selamat Pagi Min,
    Saya mau tanya2 sedikit, mohon bantuan nya ya.
    saya sedang on progress pembuatan web film juga.

    yang mau saya tanyakan bagaimana ya caranya untuk menampilkan video dari website orang lain ke website kita,
    tanpa kita harus upload film nya ke server atau google drive etc.

    Misalnya:
    Saya mau menampilkan film dari website l*yark*ca21.tv ke website saya, tanpa harus saya upload ke server atau pihak ketiga (google drive etc).
    Apakah ada kode nya yang perlu saya ambil.
    Dan apakah ada software untuk generate kode nya?

    Maaf kalau pertanyaan nya banyak, semoga mimin berkenan membantu dan berbagi ilmu.
    Terima kasih :)

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ga semua website bisa di ambil kode iframenya, kalau layarkaca tidak bisa. Coba website lain saja dan cari kode iframenya kemudian di tempel ke post movie website masnya :)

      Reply
      1. fend

        Oh Begitu,
        cara untuk cari kode iframe nya itu bagaimana ya mas?
        apakah sudah tertera di website nya atau kita harus ihat ke dalam coding nya mereka?
        apakah ada software khusus untuk ambil code iframe nya itu mas?

        Reply
          1. fend

            Oh begitu,
            Baiklah akan saya coba mas.. :)

            Oh iya, satu lagi mas.
            Jika berkenan saya mau tanya dong, bagaimana ya cara nya untuk menarik pengiklan agar memasang iklan banner seperti di website nya mas ini.
            Apakah kita harus hubungi sendiri atau bgmna ya mas.
            Jika berkenan boleh berbagi ilmu nya mas.. :)

            Terim kasih banyak sebelumnya.. :)

          2. s.magi Post author

            menunggu juga bisa, atau menghubungi mereka satu persatu malah lebih baik agar semakin banyak yang pasang banner. kalau saya sekarang sudah tidak terlalu fokus mencari iklan, jadi mereka yang menghubungi saya sendiri. terserah mas mau pakai cara yang, yang penting enjoy :)

          3. fend

            Oh begitu ya,
            Saya kan sudah coba pakai cara nya mas liahat coding nya.
            tapi pas saya coba post di web saya tidak muncul video nya mas, hanya kotak frame hitam saja.
            Saya boleh belajar sama mas?
            Minimal belajar cara ambil satu code video nya dari coding untuk satu posting saja mas.

            Saya harap mas berkenan untuk mengajari saya mas.. :)
            Terima kasih sebelumnya.. :)

          4. s.magi Post author

            coba mungkin bisa di paste kesini link video yang di iframe biar saya lihat :)

    1. s.magi Post author

      1 juta mas, diluar biaya hosting, domain dan pembelian theme. Saya setting semuanya mulai dari menu, fitur, logo website, optimasi SEO onpage dan setting plugin, webmaster Google dan settingan web lainnya dan nantinya jika mas ada kendala bisa di konsultasikan sama saya, pengerjaan maksimal 1 minggu. Jika berkenan silahkan hubungi saya di email [email protected] :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.