Cara Membuat Screen Saver Komputer

By | 16 March 2015

Cara Membuat Screen Saver Komputer – Screen Saver, pasti semua tahu apa yang dimaksud screen saver. Kalau saya pribadi pertama kali dengan kata screen saver jadi ingat dulu waktu masih punya Hp jadul yang suka gonta – ganti screen savernya. Loh, malah jadi curhat.

Screen Saver menurut saya adalah aksi/aktivitas layar setelah tenggang waktu tertentu ketika layar (dalam sekmen ini layar komputer) atau komputer tidak digunakan atau tanpa penggunaan dalam keadaan standby atau menyala.

Jadi screen saver terjadi ketika kamu membiarkan komputer kamu menyala dalam keadaan diam tanpa penggunaan atau aktifitas. Baik, sekarang semua sudah paham dan langsung saja untuk melakukan pengaturannya sebagai berikut:

Cara Mengatur Screen Saver Komputer

Kamu bisa membuka jendela pengaturan screen saver tersebut dengan cara:

  • Start > Control Panel > Apperarance and Personalization > Personalization > Change screen saver.
  • Bisa juga dengan cara yang lebih mudah Start > pada kolom pencarian ketik “Screen Saver

Cara Membuat Screen Saver Komputer

Sekarang kamu sudah masuk pada jendela pengaturan Screen Saver. Ada beberapa opsi menu disana diantaranya:

  1. Pada menu screen saver kamu bisa memilih jenis screen saver yang ingin kamu gunakan, secara default pilihannya seperti 3D Text, Bubbles, Photos dll.
  2. Pada Tab Setting, kamu bisa melakukan pengaturan terhadap screen saver yang kamu pilih. Semisal kamu memilih 3D Text maka pada menu setting ini kamu bisa mengatur teks yang akan ditampilkan.
  3. Pada Tab Preview, digunakan untuk melihat pengaturan yang sudah kamu rubah sebelum kamu menyimpannya.
  4. Pada Tab Wait, digunakan untuk mengatur waktu mulai screen saver. Misal kamu mengatur 1 menit maka screen saver dimulai setelah 1 menit komputer dibiarkan menyala tanpa aktivitas.
  5. Menu Power Management, berguna untuk melakukan pengaturan mode komputer seperti hemat daya, entertainment dll. Sebenarnya menurut saya itu diluar pengaturan screen saver namun menu tersebut merupakan pengaturan Power Plan.
  6. Jika sudah selesai melakukan pengaturan tinggal klik Ok/Apply.

Baik, demikian share saya mengenai bagaimana mengatur screen saver pada komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila ada salah kata atau kekeliruan dalam penjelasan, kritik dan saran sangat bermanfaat.

Vimax Canada
Category: Komputer Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.