Cara Membuat PBN (Private Blog Network)

Cara Membuat PBN

Sekilas saya berikan kembali ulasan tentang blog network atau sering kita sebut dengan PBN adalah serangkaian atau sekumpulan blog dari domain expired atau bekas yang kita bangun dengan tujuan untuk memberikan backlink ke situs utama atau disebut money site. Semua sudah tahu kan apa itu backlink? secara umum adalah link yang bisa di klik dan menuju website atau halaman situs lain. Lalu apa tujuan dan manfaat dari PBN ini? adalah untuk meningkatkan posisi keyword atau kata kunci dari website utama agar bisa naik dan harapannya bisa masuk halaman depan bahkan urutan nomor satu di Google atau mesin pencari lainnya.

Rgocasino

Lalu apakah backlink dari blog network itu berkualitas? tentu saja berkualitas asal diterapkan dan dibangun dengan cara yang benar. Backlink dari PBN berkonsep high PR dan relevan. High PR karena memang domain kadaluarsa yang digunakan untuk PBN ini telah dipilih serta di filter sehingga kualitasnya sangat bagus karena memiliki banyak backlink, peringkat yang bagus, DA PA tinggi, Trust Flow tinggi dan lain sebagainya karena memang domain tersebut telah berumur. Relevan artinya blog network tersebut dipilih dari domain expired yang setopik dan nantinya konten artikel di dalamnya juga se-niche dengan website utama yang tengah kita optimasi.

Cara Membuat PBN (Private Blog Network)

Blog network adalah sebuah rahasia umum di dunia SEO namun jarang yang mau menerapkannya dengan sungguh-sungguh. Kenapa? karena biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, mungkin hanya situs-situs besar yang memiliki kekuatan finansial yang bagus yang mau mengeluarkan budget hingga puluhan juta rupiah untuk membangun PBN ini. Versi murahnya adalah menggunakan Blog Dummy atau Blog Zombie menggunakan platform gratisan seperti Blogspot, WordPress.com, Tumblr dan lain sebagainya. Namun hasilnya tentu kurang bagus karena mereka dibangun dari blog baru terlebih mereka adalah subdomain dan rata-rata memiliki PR yang rendah sehingga dampaknya mungkin tidak ada sama sekali.

Sedangkan PBN ini dibangun dari domain expired tingkat atas dengan berbagai ekstensi seperti com, net, org, co, info dan lain sebagainya. Membangun blog network juga harus sabar, karena akan melalui beberapa tahapan seperti pemilihan domain, pembelian domain, pembelian hosting, instalasi blog, setting SEO onpage dan pengisian konten artikel original yang sebaiknya dilakukan secara manual dan konsisten. Jadi tidak satu atau dua minggu bisa selesai melainkan hingga berbulan-bulan. Setelah blog network tersebut memiliki banyak konten dan sudah terindeks semua oleh Google barulah kita bisa menautkan backlink ke money site kita dengan teknik link building yang benar.

Di artikel ini saya tertarik untuk memberikan ulasan mengenai cara membuat dan membangun blog network. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan referensi dari artikel-artikel di Google yang kebanyakan saya dapatkan dari blog-blog luar negeri. Menurut saya hal yang akan saya share berikut ini adalah hal yang benar sehingga kamu dapat menerapkannya untuk membangun PBN milik kamu sendiri ataupun milik klien.

Memilih domain untuk PBN

Langkah pertama dan yang paling utama adalah pemilihan domain PBN yang benar-benar berkualitas. Secara umum domain expired yang baik untuk PBN adalah memiliki DA PA minimal 25, Trust Flow 20, memiliki riwayat backlink yang tidak SPAM, sudah berumur setidaknya 1 tahun dan nilai Spam Score dibawah 4 ketika di cek di MOZ. Jika memungkinkan pilihlah domain bekas yang memiliki topik yang sama dengan money site yang tengah di optimasi. Saya katakan bahwa mencari domain bekas yang berkualitas cukup melelahkan, namun tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha. Selengkapnya mengenai cara mencari dan memilih domain untuk PBN bisa kamu simak di artikel ini Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN.

Pembelian domain

Pembelian domain untuk keperluan PBN, sebaiknya didaftarkan pada registrar yang berbeda-beda. Atau jika merasa kerepotan bagilah sejumlah domain masing-masing 10% di layanan domain yang berbeda. Misal kamu berencana membeli 50 domain PBN maka sebaiknya 5 domain didaftarkan di Namecheap, 5 domain di Hostgator, 5 domain di Godady dan seterusnya. Gunakan informasi kontak atau WHOIS yang berbeda-beda pada setiap domain, namun bisa diabaikan langkah ini jika domain menggunakan Proteksi ID atau Whois Privacy Protection.

Hosting untuk PBN

Hosting untuk PBN harus memiliki IP yang berbeda-beda, misal kamu memiliki 50 blog network maka usahakan kamu memiliki 50 IP yang berbeda-beda untuk hosting domain PBN tersebut dan akan lebih baik lagi jika kamu membeli hosting dengan lokasi yang berbeda-beda. Untuk hosting terbaik tetaplah hosting yang powerfull sehingga bisa membuat loading blog menjadi lebih cepat, namun kembali lagi apakah budget kamu ideal untuk membeli hosting dengan kualitas terbaik. Jika tidak maka bisa memilih hosting standar saja, saya memiliki rekomendasi daftar rekomendasi hosting dengan harga murah bisa kamu cek disini.

Instalasi blog, theme dan menu navigasi

Setelah selesai membeli domain dan hosting kini saatnya menginstall blog network kamu. Saat ini CMS WordPress adalah yang paling populer, namun jika memungkinkan kamu bisa juga menggunakan CMS lain seperti Drupal, Joomla, Magento dan lain sebagainya. Gunakan theme yang unik, menarik dan pastikan setiap blog network memiliki theme atau template yang berbeda-beda. Lengkapi menu bar atau navigasi blog dengan menu seperti Home, Privacy Policy & Terms, About dan Contact. Jika memungkinkan desain juga logo blog, seperti logo di header dan favicon agar terlihat lebih menarik.

Daftarkan blog di webmaster search engine

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mendaftarkan blog di webmaster mesin pencari, di Google maka didaftarkan di Search Console, di Bing dan Yahoo dapat melalui Bing Webmaster dan silahkan jika ada mesin pencari lainnya juga bisa kamu daftarkan. Untuk tutorial cara mendaftarkan blog di Google Search Console bisa kamu simak disini dan untuk Webmaster Bing bisa kamu lihat disini.

Bandar Q

Gunakan alamat email yang berbeda-beda untuk masing-masing Webmaster, misal kamu ingin mendaftarkan 50 PBN di Google Search Console maka kamu butuh 50 email Gmail. Memang cukup merepotkan, karena sekarang ini mendaftar Email Gmail membutuhkan verifikasi nomor handphone. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan mencari jasa pembuatan email saja, untuk menghemat waktu pengerjaan projek PBN ini.

Tujuan dari mendaftarkan blog di Webmaster mesin pencari adalah agar blog dapat di index dengan sempurna dan dirayapi setiap harinya. Harapannya backlink yang kamu tautkan nantinya juga akan dirayapi untuk kemudian di index dan menjadi pertimbangan bagi algoritma mesin pencari untuk menaikkan peringkat keyword money site yang tengah kamu optimasi.

Lalu berapa lama blog network kita akan terindeks? biasanya memakan waktu beberapa hari hingga minggu, namun umumnya jika selama 1 bulan salah satu domain tidak terindeks mungkin memang sudah tidak mau terindeks, biasanya hal ini terjadi karena riwayat dan reputasi di domain tersebut sebelumnya kurang baik di mesin pencari.

Konten artikel blog network

Posting konten artikel yang original di masing-masing PBN tersebut, seperti yang kamu tahu bahwa konten yang unik dan original adalah kesukaan dari mesin pencari. Hindari memposting artikel hasil translate dari bahasa lain, meskipun tujuan PBN adalah untuk mengoptimalkan situs utama bukan berarti blog network tampil asal-asalan seperti konten artikel yang tidak enak dibaca. Karena kamu pasti diuntungkan jika nantinya blog network yang kamu kelola tersebut memiliki banyak pembaca.

Posting lah konten yang setopik dengan money site, maksimalkan SEO onpage artikel seperti dengan menerapkan meta deskripsi, keyword dan untuk jumlah kata disarankan minimal setidaknya adalah 400 kata dimana jumlah ini adalah standar minimal yang seharusnya bagus untuk SEO, kemudian berikan Category dan Tag yang mengandung kata kunci money site. Kemas konten artikel dengan lebih menarik seperti dengan menambahkan gambar, video dan dibeberapa artikel bisa dikasih link ke situs lain selain money site, hindari memberi link keluar ke situs seperti Google, YouTube dan Wikipedia karena itu sudah umum sekali dilakukan, berikan saja ke link situs alternatif kamu lainnya. Lebih bagus lagi jika kamu mau buatlah halaman konten dimana konten tersebut menggunakan URL yang memiliki banyak backlink dari situs lain, sehingga meminimalisir page 404 dan lost backlink.

Lalu berapa jumlah artikel untuk PBN? saya sarankan adalah 10 artikel. Pastikan PBN memiliki beberapa konten dulu baru ditaruh link ke money site. Posting artikel secara berkala misal 1 minggu sekali atau setidaknya 2 bulan sekali, jangan taruh 10 artikel sekaligus dalam sehari. Kemudian setting homepage agar menampilkan 10 artikel, saya sarankan buat tampilan homepage full artikel (no excerpt). Untuk tutorial cara membuat artikel tampil full di homepage bisa simak dihalaman ini. Selanjutnya silahkan cek secara berkala apakah artikel sudah terindeks semua termasuk juga untuk kategori dan tag-nya, saran saya biarkan saja konten terindeks secara otomatis.

Membangun backlink di PBN

Ini adalah tahapan yang kita nantikan, yakni memberikan backlink kepada situs utama yang kita optimasi. Kapan waktu terbaik untuk memberikan backlink? menurut saya waktu terbaik adalah ketika semua konten dalam blog network seperti artikel, kategori, tag dan lain sebagainya sudah terindeks dengan baik dan biasanya ini setelah selang beberapa bulan. Berikut ini cara menaruh backlink di PBN versi saya:

  • pastikan topik artikel relevan dengan situs utama
  • jangan menaruh seluruh backlink di hari yang sama, bagi menjadi beberapa hari
  • taruh backlink secara acak misal di artikel ke 5, 6, 7 dan seterusnya secara random
  • berikan anchor text link yang bervariasi dan hindari menggunakan satu keyword yang sama
  • berikan internal link dari artikel lain ke halaman yang terdapat backlink ke money site
  • satu blog network hanya ada satu backlink

Mungkin sebagian dari kamu sempat bertanya sebaiknya backlink ditaruh di dalam artikel atau di sidebar? ada beberapa pendapat para pakar SEO salah satunya mereka berpendapat bahwa backlink di sidebar, menu bar, footer dan bagian luar blog lainnya hanya meningkatkan resiko deindex dan suatu saat nanti backlink di bagian tersebut tidak dapat memeringkatkan situs utama. Ada pendapat lain juga jika DA tinggi maka taruh backlink di luar blog sedangkan jika PA domain yang tinggi maka taruh backlink di dalam artikel.

Namun kamu dapat mencoba tips dari saya, berikan backlink hanya dari dalam artikel saja terlebih dahulu. Kemudian tunggu beberapa bulan dan apakah dampaknya bagus bagi money site, jika bagus biarkan saja demikian. Namun jika tidak maka kamu  bisa mempertimbangkan untuk meletakkan backlink di sidebar, menu bar atau footer blog tentu dengan anchor text yang bervariasi. Lakukan tips ini jika konten di blog network sudah lumayan banyak. Menurut saya baik backlink di dalam artikel maupun di sidebar selama kontennya relevan maka akan tetap baik hasilnya.

Perlakuan terhadap PBN

Saya sarankan ketika proses link building sudah selesai jangan lantas kamu biarkan blog network tidak terurus begitu saja. Setidaknya postinglah artikel maksimal 2 bulan sekali, gunakan plugin cache, cek lost backlink, cek indeks dari blog tersebut dan lain sebagainya. Oh ya kamu juga bisa mengalihkan semua link error 404 ke halaman tertentu misal ke homepage, untuk tutorialnya bisa kamu simak disini. Pada intinya perlakukanlah blog network seperti blog pribadi, rawatlah mereka hingga terus berkembang secara natural. Jangan lupa perpanjang sewa domain dan hostingnya, nanti malahan lupa tidak diperpanjang karena habis manis sepah dibuang.

Kesimpulan:

PBN bisa saya katakan adalah ‘slow game’ atau artinya butuh waktu dan proses untuk mengembangkannya hingga kamu menaruh backlink di dalamnya, karena setidaknya butuh waktu hingga berbulan-bulan. Selain itu projek PBN bukanlah projek yang murah, jadi pastikan kamu merencanakannya dengan baik. Jika semua proses dilakukan dengan benar seharusnya dampak baik dari PBN ini akan signifikan terhadap situs utama. Peringkat money site bagus = visitor naik = earning meningkat !

Membangun blog network selain butuh waktu yang tidak sebentar, jika perlu pengetahuan dan kesabaran juga. Jika kamu merasa kerepotan, kurang memahami, tidak punya banyak waktu silahkan kamu bisa menggunakan jasa pembuatan blog network atau PBN dari saya. Saya bantu buatkan hingga selesai, atau yang ingin hanya dibantu untuk pencarian domain saja juga boleh kok. I’ll do the best . . . !

2 thoughts on “Cara Membuat PBN (Private Blog Network)

  1. Berposting

    apa bisa membuat PBN tanpa harus custom domain gan? maksud saya masih pakai ekstensi blogspot.com,,,dan apa dampaknya jika memakai PBN tanpa custom domain?

    1. d.bhaghoz Post author

      Ya bisa saja, hanya saja kalau PBN dari blogspot kan misal membuat 10 blogspot kehitungnya cuma 1 backlink yakni dari blogspot.co.id atau blogspot.com. Sedangkan jika menggunakan domain bekas maka lebih bervariasi. Sedangkan dampak mungkin lebih baik PBN jika jumlahnya lebih banyak, karena halaman subdomain blogspot blog baru belum memiliki rangking :)

Comments are closed.