Cara Membuat Link (Anchor Text) di Blog / Website

Cara Membuat Link (Anchor Text) di Blog / Website

Yang namanya situs web terlebih blog tentu tidak akan bisa lepas dari yang namanya link atau lebih sering disebut dengan anchor text atau link yang bisa di klik dan menuju halaman lain. Bahkan kebanyakan blogger juga sengaja memberikan link yang relevan di artikel mereka dengan harapan agar view blog semakin tinggi dan bounce rate blog menjadi lebih rendah.

Rgocasino

Penggunaan link ini juga mempermudah bagi kita untuk mereferensikan halaman lain yang umumnya masih memiliki topik yang relevan dengan konten yang di bahas. Link yang menuju halaman lain namun masih dalam situs yang sama disebut inbound link sedangkan tautan link yang menuju situs lain maka disebut outbond link.

Cara Membuat Link (Anchor Text) di Blog / Website

Jika kamu mempelajari tentang optimasi SEO Offpage pada artikel, menyarankan setidaknya dalam satu konten artikel minimal terdapat 1 link keluar atau outbound link menuju situs yang relevan. Wah tentu ada banyak sekali ya bahasan terkait anchor text ini.

Pedoman dasar penggunaan anchor text adalah sebagai berikut:

<a href=”url-tujuan“>text-tampil</a>

Contoh: <a href=”http://ubloger.com“>Tips Blogging</a> maka jadinya akan seperti ini: Tips Blogging

Nah diatas adalah coding dasar menggunakan link teks yang bisa kamu coba, jika kamu ingin membuat link di halaman konten artikel maka masuk ke editor text agar kode bisa bekerja.

Bandar Q

Agar link ketika di klik terbuka di tab baru bagaimana?

Kamu hanya perlu menambahkan target=”_blank”, seperti ini contohnya:

<a href=”http://ubloger.com” target=”_blank”>Tips Blogging</a>

Bagaimana cara membuat warna sendiri di anchor text tersebut?

Silahkan rubah #ffff00 dengan warna yang kamu pilih, di Google sudah banyak yang memposting tentang kode warna silahkan kamu bisa cari karena semua warna itu ada kodenya.

<a style=”color: #ffff00;” href=”http://ubloger.com”>Tips Blogging</a>

Lalu bagaimana dengan link dofollow dan noffolow?

Jika saya artikan, dofollow adalah link keluar yang sepenuhnya diikuti dan ditelusuri oleh spider bot search engine, sedangkan nofollow adalah link keluar yang tidak sepenuhnya di telusuri oleh crawler bot mesin pencari.

Dofollow seperti ini:

<a href=”http://ubloger.com“>Tips Blogging</a>

Nofollow seperti ini:

<a href=”http://ubloger.com” rel=”nofollow“>Tips Blogging</a>

Untuk link keluar sebaiknya dofollow atau nofollow?

Ketika kamu mereferensikan website lain dalam halaman situs kamu, sebenarnya kamu tidak perlu memusingkan apakah itu dofollow atau nofollow. Tapi jika dilihat dari sisi SEO sebaiknya jenis link yang diberikan adalah nofollow, kenapa?

Karena memberikan link dofollow sama saja membagi popularitas situs kamu ke situs lain yang kamu tautkan tersebut, atau istilahkan kamu memberikan backlink dofollow kepada situs tersebut. Kalau tidak salah pernah saat itu saya menonton video Google Webmaster di YouTube, mereka menyarankan untuk membatasi link keluar ke website lain.

Nah demikianlah pembahasan tentang cara membuat anchor text link di blog, text link tersebut dapat kamu tempatkan di halaman konten maupun di sidebar situs. Jika ada pertanyaan atau ada sesuatu yang ingin di tambahkan silahkan luangkan waktu untuk mengisi form komentar di bawah ini. Happy blogging !