Cara Membuat Artikel Tampil Full di Homepage (No Excerpt WordPress)

Cara Membuat Artikel Tampil Full di Homepage (WordPress)

Beberapa bulan ini saya tengah sibuk membuat blog network atau PBN untuk website klien saya, tujuan membuat PBN ini adalah untuk meningkatkan posisi SERP (Search Engine Result Page) dari website utama tersebut. Bukan sebuah aturan baku sih, tapi disarankan artikel di homepage dari blog network harus tampil full atau no excerpt.

Tujuannya adalah ketika homepage di crawler oleh spider bot search engine seperti Google maka seluruh link didalam artikel tersebut bisa dirayapi karena tampil full di halaman depan. Dengan demikian diharapkan proses index backlink menjadi lebih baik.

Cara Membuat Artikel Tampil Full di Homepage (No Excerpt WordPress)

Sayangnya memang theme WordPress sekarang ini kebanyakan menyematkan fitur excerpt di homepage, sehingga tubuh artikel akan tampil terpotong. Untuk setting full artikel di homepage itu tidak melalui menu Settings – Reading terus di setting Full text di For each article in a feed, show ya? opsi ini adalah untuk mengatur tampilan Feed.

Sedangkan Feed memang sebaiknya disetting Summary, hal ini untuk mencegah pencurian konten melalui teknik auto blogging. Selengkapnya mengenai artikel yang membahas pencurian konten melalui autoblog bisa kamu simak disini.

Nah kali ini saya ingin share tutorial singkat cara membuat tampilan artikel full di halaman homepage WordPress tanpa perlu coding, cukup dengan memanfaatkan bantuan plugin Easy Custom Auto Excerpt. Sebagai contoh inilah tampilan homepage dengan excerpt.

Cara Membuat Artikel Tampil Full di Homepage (WordPress)

  • untuk merubah tampilan di homepage menjadi full artikel silahkan install dan aktifkan plugin Easy Custom Auto Excerpt
  • setelah itu masuk ke menu Excerpt dan rubah jumlah karakter yang ingin ditampilkan tiap artikel di homepage, misal kita ganti ke 2000 karakter

Cara Membuat Artikel Tampil Full di Homepage (WordPress)

  • untuk opsi lain bisa kamu atur sendiri, tapi secara default pun sudah sesuai
  • klik Save Options untuk menyimpan perubahan dan lihat hasilnya

Cara Membuat Artikel Tampil Full di Homepage (WordPress)

Bagaimana, sangat mudah bukan? sekarang tampilan artikel di homepage menjadi full. Jika teman-teman ada rekomendasi plugin lain atau cara lain yang lebih simpel bisa di share ke kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.