Cara Melihat Kuota Pemakaian Data Internet di Laptop / Komputer

Cara Melihat Kuota Pemakaian Data Internet di Laptop / Komputer

Cara Melihat Kuota Pemakaian Data Internet di Laptop / Komputer – Tanpa internet maka komputer atau laptop hanya bisa digunakan secara offline misal untuk kegiatan mengetik, edit foto dan main game online. Mungkin bagi sebagian orang laptop tanpa internet serasa sayur tanpa garam.

Rgocasino

Kenyataannya memang sebagian besar pengguna laptop lebih sering menggunakan laptopnya untuk kegiatan browsing. Ada berbagai cara untuk mengkoneksikan laptop atau komputer dengan internet, antara lain menggunakan modem ataupun WiFi.

Penggunaan data internet menggunakan komputer atau laptop ini cenderung menghabiskan lebih banyak kuota internet. Karena laman web yang dimuat berbeda versinya dengan ketika anda browsing menggunakan handphone.

Maka dari itu sebaiknya anda cek secara berkala penggunaan data internet laptop atau komputer anda. Terlebih jika anda menggunakan paket data operator seluler, pastinya akan bahaya jika kuota habis maka akan memakan pulsa utama.

Cara Melihat Kuota Pemakaian Data Internet di Laptop / Komputer

Berikut ini cara cek penggunaan kuota data internet di laptop atau komputer, cara dibawah ini saya contohkan di Windows 7. Untuk Windows 8 atau 10 sepertinya untuk pemakaiannya hanya dapat dilihat perbulan atau 30 hari. Nanti saya share juga di paragraf selanjutnya.

  • silahkan klik icon sinyal kemudian perhatikan pada jaringan yang terkoneksi ke internet, saya mencontohkan “windows phone” internet

Cara-Melihat-Kuota-Pemakaian-Data-Internet-di-Laptop

Bandar Q
  • klik kanan pada “windows phone” kemudian pilih Status

Cara-Melihat-Kuota-Pemakaian-Data-Internet-di-Laptop-Komputer

Sent merupakan data internet upload dan Received merupakan data internet download, jadi jika anda ingin mengetahui dengan pasti total penggunaan data internet di laptop anda silahkan jumlah kan keduanya.

Data internet di atas di tampilkan dalam byte, jadi misal pada Received 26.115.277 itu artinya data yang di terima atau data download 26 Mb, untuk Sent sendiri 3 Mb. Jadi total penggunaan data internet anda jika di bulatkan adalah 26 Mb + 3 Mb = 29 Mb.

Jika koneksi internet anda terputus maka otomatis Status pemakaian data internet akan dimulai dari “nol” lagi. Jadi cara di atas hanya dapat digunakan untuk satu koneksi internet aktif pada saat itu saja dan tidak berlaku untuk koneksi terputus sebelumnya.

Baca juga:

Windows 8 dan 10

Saya sebenarnya juga kurang suka menggunakan Windows 10, tapi laptop keluaran sekarang ini mensyaratkan minimal menggunakan Windows 8 atau 10. Untuk tampilan dan opsinya sudah banyak yang berubah dari Windows 7. Di Windows 10 penggunaan data hanya bisa dilihat perbulan atau 30 hari, caranya silahkan klik icon Signal di laptop kamu kemudian pilih Network settings dan pilih opsi Data usage, nanti akan ditampilkan kurang lebih seperti ini:

Cara Melihat Kuota Pemakaian Data Internet di Laptop / Komputer

Demikian lah tips dan cara mengetahui kuota penggunaan data di komputer Windows, jika teman-teman ada cara lain yang lebih praktis bisa share ke kita.

2 thoughts on “Cara Melihat Kuota Pemakaian Data Internet di Laptop / Komputer

  1. Eshirou

    Terimakasih gan membantu banget nih ^^

Comments are closed.