Cara Melihat Jumlah Backlink Blog Kamu

Cara Melihat Jumlah Backlink Blog Kamu – Backlink jika saya artikan secara simpel adalah link atau tautan dari situs lain yang mengarah ke blog/web kita. Manfaat utama dari backlink adalah untuk meningkatkan trafic blog dengan memanfaatkan situs lain secara manual atau otomatis untuk menautkan link yang mengarah ke blog kita.

Contoh:
Misal pada sebuah komunitas tanya jawab di Yahoo Answer ada seseorang yang menanyakan tentang bagaimana cara membuat roti, kemudian kamu menjawab bla bla bla dan memberikan keterangan bahwa jawaban kamu bersumber dari www.qwerty.blogspot.com/abcdefg-html, misal. Dengan demikian kamu mempunyai 1 backlink dari Yahoo Answer.

Rgocasino

Cara Melihat Jumlah Backlink Blog Kamu

  • Caranya adalah dengan menggunakan Search Console
  • Login dulu ke Search Console
  • Pilih blog anda dan klik
  • Pada dashboard salah satu blog kamu pilih menu Lalu Lintas Penelusuran – Tautan ke Situs Anda

Cara Melihat Jumlah Backlink Blog Kamu

Bandar Q

Sekarang anda bisa melihat daftar situs dan jumlah backlink blog anda, terdapat juga keterangan berapa jumlah backlink masing-masing dari situs tersebut. Yang perlu diketahui adalah backlink memerlukan waktu agar dapat terindeks oleh Google. Jadi tidak seketika hari ini anda membuat backlink kemudian besoknya bisa di cek.

Kalau lagi sibuk mencari backlink, coba simak artikel berikut mengenai darimana saja sumber backlink yang bisa anda dapatkan: 12 Sumber Backlink Wajib Bagi Blogger

Tapi tetap batasi jumlah backlink, terlalu banyak backlink dalam tempo yang singkat juga tidak baik untuk kesehatan situs anda terlebih untuk blog baru.

2 thoughts on “Cara Melihat Jumlah Backlink Blog Kamu

  1. Putra

    gan mau nanya, saya udah beberapa kali buat content di kaskus dan ke web submit menuju ke blog saya, tapi ketika saya cek di console masih aja tidak ada?? kenapa ya?

    1. s.magi Post author

      Ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi mas,
      1. Indeks backlink oleh Google memang tidak instan, terkadang butuh waktu berbulan – bulan baru masuk ke daftar Backlink
      2. Tidak semua link yang tertanam di situs lain akan di indeks dan di anggap valid backlink oleh Google

      Seperti itu mas :)

Comments are closed.