Cara Login / Logout VPS (Virtual Private Server)

By | 27 February 2016

Cara Login / Logout VPS (Virtual Private Server) – Bagi anda yang baru mengenal VPS tentu sedikit bingung dengan bagaimana dan cara menggunakan VPS, bahkan yang sudah terbiasa dengan shared hosting pun juga terkadang masih bingung.

Jika di ibaratkan shared hosting adalah anda membeli rumah yang sudah jadi di perumahan, anda tinggal mengisi perabotan di dalamnya. Berbeda dengan VPS, jika di ibaratkan adalah sebuah lahan kosong yang luas yang bebas anda pergunakan untuk kebutuhan anda.

Jika anda ingin membangun rumah, anda perlu memilih jenis bahan bangunan yang akan digunakan, merk cat tembok apa yang anda gunakan dan lain sebagainya.

Ketika anda membeli VPS, anda akan di berikan Server IP dan Password saja, untuk username anda dapat menggunakan “root”. Sudah itu saja, pembelian VPS unmanaged atau self managed selesai sampai disini.

Anda tinggal menggunakan VPS sesuai kebutuhan anda, lalu bagaimana cara login ke VPS?

Cara Login / Logout VPS (Virtual Private Server)

Anda dapat menggunakan bantuan software PuTTY sebagai terminal untuk mengakses VPS anda, nantinya anda akan di arahkan login menggunakan SSH. Apa itu SSH?

SSH adalah singkatan dari Secure Shell, yang mana merupakan protokol jaringan untuk komunikasi data antar dua komputer. Anda tidak perlu memusingkan apa itu SSH, fitur ini tinggal anda ceklist di PuTTY.

Cara masuk ke VPS:

Cara Login ke VPS (Virtual Private Server)

Keterangan:

  1. Host Name (or IP Address): isi dengan Server IP yang sudah di kirimkan ke email oleh provider hosting anda, misal 123.456.789
  2. Ceklist pada SSH
  3. Open
  • tunggu hingga muncul tulisan login as, ketik “root”
  • muncul baris perintah berikutnya silahkan isi password yang anda terima di email

Ingat, ketika memasukkan password tidak akan muncul tulisan di layar. Ini wajar, jika sudah berhasil maka tampilannya seperti ini:

Cara Login Logout VPS (Virtual Private Server)

Selanjutnya anda tinggal memasukan baris perintah dan tekan “enter” untuk mengeksekusi setiap perintah yang anda jalankan.

Cara keluar dari VPS: Cukup ketik perintah “logout” (tanpa petik)

Oh ya, PuTTY ini mudah sekali disconnect dan terputus dari koneksi jaringan. Hal ini akan mengganggu kelancaran anda dalam menggunakan VPS. Agar PuTTY tidak mudah disconnect silahkan simak tutorialnya disini.

Vimax Canada
Category: Internet Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.