Cara Install WordPress Secara Manual

Cara Install WordPress Secara Manual

Luxury138

WordPress adalah salah satu CMS atau mesin pembuat blog dan website terpopuler saat ini, fitur-fitur di WordPress ini memudahkan pengguna dalam mengelola situs mereka bahkan bagi mereka yang tak paham dengan coding atau bahasa pemrograman sama sekali. Selain WordPress ada juga CMS lain seperti Drupal dan Joomla.

Di artikel ini saya ingin share tentang bagaimana sih cara install WordPress di server hosting kamu secara manual. Kenapa harus manual kan di kontrol panel seperti cPanel sudah ada fitur instalasi WordPressnya? kalau saya biasanya pakai untuk install WordPress di subdirektori atau subfolder atau multisite misal di domain.com/blog/ karena lebih mudah dan simpel.

RGOCASINO

Cara Install WordPress Secara Manual di Server Hosting

Pada dasarnya step yang dilakukan hanyalah membuat database kemudian mengupload instalasi WordPress di folder hosting kamu. Step lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini:

Buat database dulu

Langkah pertama silahkan buat database kemudian catat nama detabase, nama user dan passwordnya. Untuk tutorial membuat database di cPanel bisa kamu lihat disini dan untuk di VPS menggunakan Webuzo bisa kamu simak disini. Simpan informasi database tersebut di notepad dan lanjut ke step berikutnya.

Upload file instalasi WordPress dan esktrak

Silahkan kamu download file zip instalasi WordPress di wordpress.org/download kemudian silahkan upload file tersebut ke folder di hosting kamu. Saya kasih tips yang lebih mudah mohon simak baik-baik:

  • jika file WordPress ingin di masukan ke foler home/user/public_html maka upload file instalasi WordPressnya di home/user/
  • begitu juga misal file website ingin di upload di folder home/user/public_html/blog/ maka upload file instalasi WordPress di home/user/public_html (ini yang saya gunakan sebagai contoh)

Langkah selanjutnya silahkan ekstrak file zip tersebut, caranya mudah ya? di panel hosting kamu sudah ada opsi ekstrak file zip dan tar.gz. Setelah terekstrak maka file instalasi WordPress tadi akan bernama home/user/public_html/wordpress. Silahkan rename atau rubah nama folder tersebut menjadi folder misal menjadi home/user/public_html/blog/ dan jika ada nama folder yang kembar silahkan hapus dulu sebelum rename.

Konfigurasi selanjutnya

Langkah selanjutnya silahkan akses domain.com/blog atau ipkamu/blog, ketika di akses maka folder tersebut akan mengarahkan ke step instalasi selanjutnya seperti ini:

Cara Install WordPress Secara Manual

Langkah selanjutnya silahkan masukkan nama database, nama user dan password yang kamu catat sebelumnya. Untuk kolom lain seperti Database Host dan Table Prefix bisa dibiarkan saja.

Cara Install WordPress Secara Manual

Pada step berikutnya biasanya sistem tidak membuat file wp-config.php secara otomatis jadi kamu harus membuatnya secara manual. Silahakn copy kode yang muncul, buat file di Notepad dan paste kode kemudian simpan dengan nama wp-config.php.

Cara Install WordPress Secara Manual

Cara Install WordPress Secara Manual

Kemudian upload file wp-config.php ke folder website kamu, jika sudah klik Run the install. Langkah terakhir tinggal mengisikan informasi nama website (Site Title), nama pengguna (Username), kata sandi login (Password) dan email kamu kemudian klik Install WordPress.

 

 

Cara Install WordPress Secara Manual

Cara Install WordPress Secara Manual

Sampai disini kamu sudah berhasil menginstall WordPress secara manual dan tidak ada bedanya antara website WordPress yang di install manual atau melalui installer. Sebenarnya caranya cukup mudah, hanya saja saya kesulitan membuat artikel yang lebih simpel. Jadi jika teman-teman mengalami kendala bisa disampaikan melalui form komentar dibawah ini.

Oh ya jika kamu menginstall WordPress di subdirektori atau subfolder maka perlu menambahkan rewrite permalink di Nginx jika menggunakan server Nginx dan rewrite .htaccess jika menggunakan shared hosting atau Apache, jika tidak maka permalink di subfolder atau subdirectory tersebut akan error 404 karena akan masuk ke permalink domain utama.

Untuk rewrite permalink subfolder di .htaccess sendiri saya belum punya tutorialnya karena saya sebenarnya kurang familiar dengan .htaccess, sedangkan untuk Nginx bisa kamu simak tutorial rewritenya disini.

Luxury138