Cara Hapus URL/Link Artikel Blog dari Pencarian Google

Cara Hapus URL/Link Artikel Blog dari Pencarian Google – Seringkali link atau url artikel atau laman blog yang sudah terhapus masih dapat di temukan di mesin pencari terutama di Google. Hal tersebut menyebabkan adanya broken link atau link yang jika di klik tidak menemukan landing page atau error not found (404).

Baca juga: Cara Mengalihkan Broken Link ke Laman Tertentu

Rgocasino

Sama seperti mengindeks sebuah blog, Google juga membutuhkan waktu untuk menghapus sebuah link terhapus dari indexnya. Hal tersebut bisa jadi sangat lama jika kita tidak membantu menghapus link tersebut dari index Google. Jadi tidak hanya untuk mengindeks artikel saja kita submit ke Google Webmaster tetapi waktu kita menghapus artikel juga sebaiknya submit ke Google Webmaster.

Tujuannya adalah agar artikel tersebut cepat hilang dan terhapus dengan sempurna dari index Google. Bagi anda yang tertarik untuk melakukannya silahkan ikuti langkah berikut ini:

Bandar Q
  • Masuk ke Dasbor blog anda di Search Console (cara daftar di Search Console)
  • Pilih menu Google Indeks kemudian pilih Hapus URL
  • Pilih Buat permintaan penghapusan baru
  • Masukan URL dan klik Terus
  • Selesai

Cara Hapus URL/Link Artikel Blog dari Pencarian Google

Nantinya status permintaan masih tertunda dan anda tinggal menunggu saja eksekusi dari Google. Menghapus index artikel dari Google ini sangat efektif terlebih lagi untuk URL yang terdeteksi di Kesalahan Perayapan di Search Console namun sebenarnya kita tidak pernah membuat artikel/konten dengan URL demikian.

Kabarnya kesalahan perayapan atau broken link juga mempengaruhi kualitas blog kita di search engine. Semakin banyak halaman eror kabarnya tidak disukai mesin pencari, untuk pastinya nanti saya coba tanyakan ke Google :D

Selamat mencoba.

17 thoughts on “Cara Hapus URL/Link Artikel Blog dari Pencarian Google

  1. iwan

    terimakasih gan infonya, langsung ke TKP untuk menghapus url yang masih terindex oleh search engine google. tapi sayangnya artikel yang saya hapus urlnya lupa. gimana nih gan?…

    1. s.magie Post author

      :D Wah harus di ingat – ingat lagi mas iwan, kalau lupa paling nanti muncul di kesalahan perayapan di search console.

  2. nanda

    trimakasih infonya mas,,
    apakah kalau di sudah di hapus url pada search console kita perlu menghapus juga di BING ?

    1. s.magie Post author

      Kalau sudah terindeks di Bing seharusnya iya, tapi saya juga belum tahu apakah ada fitur tersebut di Webmaster Bing.

  3. flashlagu

    itu cuma hapus sementara kan? yang permanen ada??

    1. s.magie Post author

      Dimaksud sementara karena jika artikel masih di posting maka akan di indeks kembali oleh googlebot beberapa waktu mendatang, jika ingin artikel hilang selamanya, lakukan cara di atas kemudian hapus artikel yang di maksud.

  4. Andri suzuki mobil

    Terima kasih gan info nya, saya akan coba

    1. s.magi Post author

      silahkan ^^

    1. s.magi Post author

      jangan bingung – bingung :D

  5. Undi

    kalo hapus blog yg udah di banned di pencarian google gmna? soalnya masih ke index nih

    1. s.magi Post author

      Hapus blognya dan kemudian hapus Propertinya juga di Search Console atau Google Webmaster. Blog setiap waktu dirayapi kok, kalau ketika di rayapi sudah tidak ditemukan maka otomatis hilang dengan sendirinya dari index mesin pencari.

  6. Arga Eryzal

    sangat bermanfaat mas bro bagi yang ingin ganti domain hehe

  7. mustika

    Mas gimana kalau artikel yang sudah dipublikasi dikembalikan ke draf trus alamat url nya saya ganti di tautan khusus, trus saya publikasikan lagi. eh dimesin pencari url tautan lama masih belum hilang.

    jika saya menghapus url lama di webmaster, apakah url baru hasil edit juga akan hilang di search engine

    1. d.bhaghoz Post author

      Untuk hilang dari index Google perlu beberapa hari, selama URL tersebut tidak dapat ditemukan maka otomatis akan hilang dengan sendirinya. Tapi sebaiknya jika ada perubahan URL maka URL lama dialihkan ke URL baru, namun jika tidakpun maka tidak jadi masalah. Ketika URL lama dihapus dari Webmaster maka yang hilang hanya URL lama, URL baru tidak akan kena dampaknya karena URLnya juga beda kan. Jadi mau dibiarkan atau disubmit atau diedit juga tidak jadi masalah, soal index Google itu masalah waktu saja :)

Comments are closed.