Cara Download Video YouTube, Ternyata Sangat Mudah!

Bingung cara download video YouTube? situs berbagi video ini memang menyediakan tombol download namun video tersebut tidak tersimpan di galeri atau penyimpanan perangkat, melainkan untuk dapat ditonton secara offline di aplikasi YouTube Go. Untungnya banyak layanan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mendownload video YouTube. Sehingga video di YouTube dapat kamu simpan di smartphone atau komputer kamu dirumah.

YouTube adalah situs berbagi video yang berbasis di San Bruno, California dan telah di akuisisi oleh Google pada tahun 2006 dari 3 orang pendirinya yang merupakan mantan karyawan perusahaan PayPal. Kini jumlah pengguna YouTube telah mencapai sepertiga dari pengguna internet di seluruh dunia, dimana YouTube menjadi situs ke-2 terbesar setelah Google dan menyusul di posisi ke-3 adalah Facebook.

AGEN333

Ada jutaan koleksi video di YouTube, sehingga tak mengherankan jika YouTube sudah seperti sebuah kebutuhan yang tak bisa lepas di era digital seperti sekarang ini. Seringkali pengguna lebih suka untuk mendownload video di YouTube, selain bisa ditonton berulang-ulang tanpa kuota internet juga dapat berbagai transfer file dengan lebih mudah, namun sayangnya memang belum banyak yang tahu cara download video di YouTube

Cara Download Video YouTube di HP Smartphone Android dan iOS

Ada beberapa pilihan cara download video YouTube, yaitu dengan install aplikasi maupun tanpa aplikasi juga bisa baik di smartphone maupun di komputer atau laptop. Silahkan kamu bisa memilih opsi mana yang lebih praktis.

1. Download video YouTube tanpa aplikasi, smartphone iOS dan Android pun bisa

Cara download video YouTube tanpa aplikasi adalah dengan memanfaatkan fitur dari website https://id.savefrom.net, silahkan kamu dapat mengunjungi situs tersebut untuk mendownload video di YouTube. Caranya cukup mudah hanya tinggal copy dan paste URL video kamu dapat mendownload dengan mudah.

cara download video youtube

  1. silahkan buka aplikasi YouTube lalu copy url video dengan cara klik Bagikan
  2. lalu pilih Copy
  3. Kunjungi https://id.savefrom.net lalu silahkan download sesuai kualitas video yang kamu inginkan

Kelebihan menggunakan cara ini adalah praktis dan mudah tanpa harus install aplikasi tambahan serta untuk iPhone iOS pun bisa, sedangkan kekurangannya adalah di situs tersebut terdapat iklan serta kualitas video terkadang tidak selengkap dan sesuai opsi video asli di YouTube.

Banyak situs yang menyediakan layanan download baik video YouTube maupun mp3 YouTube, bisa kamu cari di Google dengan kata kunci pencarian “youtube downloader”. Seperti beberapa diantaranya adalah vidpaw.com, y2mate.com, youtubedownload.video, videoder.com dan lain sebagainya. Situs tersebut biasanya juga menyediakan aplikasi yang bisa kamu instal di iOS maupun Android.

2. Menambahkan ‘ss’ pada url video, bisa untuk handphone maupun komputer

Sebenarnya cara ini masih menggunakan layanan dari situs id.savefrom.net, hanya saja step di awal sedikit berbeda. Yakni dengan menambahkan ‘ss’ pada url video YouTube.

Cara ini lebih mudah digunakan jika kamu mengakses YouTube via browser handphone di m.youtube.com, sehingga mendownload dengan menambahkan ‘ss’ lebih praktis.

3. Menggunakan aplikasi VidMate

VidMate merupakan salah satu aplikasi yang juga bisa kamu manfaatkan untuk download video YouTube, sayangnya sekarang aplikasi ini tidak dapat ditemukan di Play Store. Alternatifnya adalah dengan mendownload di situs resminya https://www.vidmateapp.com, sebelumnya izinkan handphone Android kamu untuk menginstall file APK dari sumber tidak resmi.

Step cara download menggunakan VidMate:

  • buka aplikasi kemudian paste url di kolom pencarian atau bisa juga paste url home dari YouTube (m.youtube.com)
  • pilih video yang ingin di download dan klik icon download
  • sekarang pilih kualitas video dan klik Unduh

Kelebihan dari aplikasi VidMate ini adalah pilihan resolusi atau kualitas video yang lengkap dan bisa juga download mp3 YouTube atau dalam bentuk musik lagu. VidMate adalah aplikasi yang cukup kaya akan fitur, lengkap dan mudah digunakan meskipun tidak lagi tersedia di Play Store.

4. Menggunakan aplikasi Videorder

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu coba adalah Videorder, tidak hanya dapat di install di Android juga tersedia untuk versi aplikasi Windows PC yang dapat kamu download di situs resminya di https://www.videoder.com. Aplikasi ini juga cukup bagus untuk digunakan, penggunaannya cukup mudah tinggal paste saja url atau link video YouTube maka akan tersedia link download dengan berbagai kualitas, bahkan tidak hanya video saja melainkan mp3 YouTube juga bisa.

cara download youtube videorder

Sama halnya seperti aplikasi serupa lainnya, Videorder ini tidak dapat ditemukan di Play Store dan hanya bisa di download dari situs resminya. Namun hal tersebut tentu tidak jadi masalah, karena fitur yang ditawarkan oleh Videorder cukup lengkap.

Cara Download Video YouTube di PC Komputer atau Laptop

Untuk download YouTube di laptop atau komputer pun tak kalah mudahnya, bisa melalui situs penyedia layanan download video YouTube atau bisa juga install aplikasi.

Download video YouTube Aplikasi

  • id.savefrom.net

Situs id.savefrom.net sejauh ini tetap menjadi andalan untuk urusan download video di YouTube, terkadang di layanan lain ada beberapa video yang tidak dapat di download, namun tidak halnya dengan Savefrom ini. Caranya cukup mudah tinggal paste saja url video YouTube di kolom pencarian, silahkan kamu dapat mendownload pilihan kualitas atau jenis ekstensi videonya.

Alternatif cara lain adalah dengan menambahkan ‘ss’ pada url video, contohnya https://www.ssyoutube.com/watch?v=abchdyre566.

  • youtubeconverter.io

Untuk alternatif lain bisa mencoba youtubeconverter.io karena fiturnya juga tak kalah lengkap, selain menyediakan opsi download dengan berbagai kualitas juga menyediakan download dalam bentuk ekstensi audio atau mp3.

Cara penggunannya sama cukup paste url video YouTube dan silahkan pilih ekstensi file atau kualitas video yang ingin kamu download. Atau alternatif cara lain adalah dengan menambahkan ‘pp’ pada url video, contohnya https://www.youtubepp.com/watch?v=abchdyre566.

Dan ada banyak situs sejenis lainnya yang bisa kamu coba cari di Google, silahkan kamu bisa eksplor dan mencobanya sendiri.

Download video YouTube Dengan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu install di laptop kamu, disini kami berikan dua diantaranya adalah Videorder dan Ummy Video Downloader versi dekstop Windows.

  • Videorder

Aplikasi Videorder versi komputer pun cukup mudah dan praktis digunakan, bisa menggenerate link download dalam berbagai kualitas. Cara penggunaannya sama cukup paste url video YouTube dan klik Download. Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan kamu bisa mengunduhnya di website resmi Videorder.com.

Silahkan pilih kualitas video yang kamu hendaki, klik dan nantinya proses download akan terlihat di tab Downloads.

Videorder adalah aplikasi yang cukup direkomendasikan karena selain bisa mendownload file dalam bentuk video juga dalam bentuk format mp3 dan audio lainnya.

  • Ummy Video Downloader

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu coba adalah Ummy Video Downloader, aplikasi ini dapat kamu download di link berikut https://videodownloader.ummy.net/id.

Ummy Video Downloader menampilkan opsi download hingga kualitas terbaik, dapat mendownload banyak video sekaligus namun tidak untuk file berformat audio atau mp3.

Dan masih banyak lagi aplikasi serupa yang bisa kamu coba. Lalu bagaimana dengan download YouTube menggunakan esktensi? untuk di Chrome sendiri sudah tidak bisa menggunakan ekstensi untuk mendownload video namun di Mozilla Firefox masih bisa. Silahkan kamu dapat menambahkan ekstensi di browser dengan mencari kueri “download video youtube“.

Alasan mendownload video YouTube

Jika bisa di tonton secara online kenapa harus didownload? beberapa alasan diantaranya adalah lebih hemat kuota untuk video yang sering kamu tonton, dengan mengunduhnya maka ditonton berulang-ulang pun tidak membutuhkan paket data internet lagi.

Terlebih semisal kamu berada di area wifi dimana aksesnya dibatasi waktunya misal hanya beberapa jam, maka sebaiknya kamu download dulu sebelum ditonton. Selain itu lebih mudah berbagi video ke teman melalui copy paste file.

Sekilas fakta tentang YouTube yang jarang orang ketahui

Diatas kami telah share tutorial cara mendownload video di YouTube dengan mudah dan praktis, kali ini kita sedikit intermezzo masih seputar YouTube. Berikut ini beberapa fakta unik tentang YouTube yang tidak banyak orang tahu:

YouTube awalnya adalah situs Kencan Online

Percaya tidak percaya, YouTube awalnya adalah sebuah situs kencan online yang ditujukan bagi orang untuk mencari pasangan. Namun seiring dengan berjalannya waktu YouTube memutar balik tipe kontennya menjadi situs berbagi video. Tidak disangka semenjak itu YouTube berkembang pesat dan hingga saat ini telah memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia.

Siapa pendiri YouTube, apakah Google?

Siapakah pencipta dan pendiri YouTube? apakah Google? ternyata bukan. Mereka adalah tiga orang jenius bernama Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed yang merupakan mantan karyawan dari perusahaan PayPal. Sekedar info PayPal merupakan perusahaan yang menyediakan jasa transaksi uang via elektronik, sering dimanfaatkan sebagai layanan penerima atau pembayaran mata uang asing.

Kemudian pada tahun 2006 perusahaan raksasa Google mengakuisisi YouTube dengan harga 1,65 Miliar Dolar AS atau setara dengan 2,2 Triliun rupiah. Jika melihat popularitas YouTube saat ini, sebuah keputusan tepat bagi Google untuk membeli YouTube 14 tahun silam.

Ini video pertama yang diunggah di YouTube

Penasaran kan kira-kira siapa dan apa video pertama yang diunggah ke YouTube? video tersebut berjudul Me at the zoo, yang mengunggah video tersebut tidak lain tidak bukan adalah salah satu pendiri situs tersebut yakni Jawed Karim.

Pertanggal kami memposting artikel ini, video tersebut sudah ditonton sebanyak 79 juta kali. Chanel jawed pun kini memiliki lebih dari 650 ribu subscriber meskipun video berdurasi 19 detik tersebut adalah video satu-satunya yang dia unggah sejak 14 tahun lalu.

Usia kita tidak akan cukup untuk menonton seluruh video di YouTube

YouTube yang kini memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna ini, 40% penggunanya adalah dari negara asalnya Amerika Serikat dan sisanya terbagi pengguna dari seluruh dunia. Diperkirakan membutuhkan waktu 2000 tahun lebih untuk bisa menonton seluruh video yang ada di YouTube, benar saja sekarang ini setiap menitnya ada 100 jam video yang diunggah oleh pengguna ke YouTube.

Video paling diminati dan difavoritkan

“Charlie Bit my Finger” adalah salah satu video yang paling banyak ditonton dengan lebih dari 850juta views, sedangkan konten paling banyak dicari adalah musik dan konten anak-anak. Berikut ini chart video paling diminati dan juga terfavorit di YouTube:

  • Gangnam Style by PSY (2,7 miliar views)
  • See You Again by Wiz Khalifa featuring Charlie Puth (2,4 miliar views)
  • Sorry by Justin Bieber (2,2 miliar views)
  • Uptown Funk by Mark Ronson featuring Bruno Mars (2,1 miliar views)
  • Blank Space by Taylor Swift (1,9 miliar views)
  • Mawa Kawa by Get Movies (1,9 miliar views)
  • Shake It Off by Taylor Swift (1,8 miliar views)
  • Bailando by Enrique featuring Descemer Bueno and Gente De Zona (1,8 miliar views)
  • Lean On by Major Lazer and DJ Snake featuring MO (1,8 miliar views)
  • Roar by Katy Perry (1,7 miliar views)

Setiap harinya lebih dari 4 miliar video ditonton di YouTube, sebagian besar pengguna menggunakan handphone atau smartphone untuk mengakses YouTube. Kini situs berbagai video yang telah tersedia dalam lebih dari 70 bahasa ini juga telah mencetak jutawan-jutawan muda kreatif yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang dari hasil video dan Chanel yang mereka kembangkan.

AGEN333