Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

Mungkin sudah banyak ya tutorial cara mengetahui posisi artikel di Google, yakni salah satunya menggunakan tool SERP Checker dari Whatsmyserp.com. Namun tool tersebut lebih berfungsi untuk mengetahui posisi satu keyword atau kata kunci saja. Sedangkan yang ingin saya share di artikel ini adalah mengetahui posisi SERP rata-rata artikel secara keseluruhan di Google. Jadi dari sekian banyak artikel yang kamu posting, rata-rata mereka menempati posisi berapa sih?

Rgocasino

Lalu apakah penting untuk mengetahui posisi artikel ini? menurut saya ini penting. Kenapa? sebagai acuan perkembangan blog yang saya kelola. Secara umum jika rata-rata posisi artikel masih di halaman terbelakang Google maka trafik blog pasti masih rendah. Karena jarang sekali ada orang yang browsing di Google sampai di halaman 3 atau 4 dan seterusnya, paling sering adalah di halaman 1 dan sampai halaman 2 saja.

Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

Sebenarnya cara ini lebih ke mengetahui posisi keyword artikel di Google, namun sama saja sebenarnya karena keyword ketika di search di Google juga masuknya ke artikel bukan? Melalui Search Console dengan mudah kamu dapat cek posisi artikel secara keseluruhan di hasil penelusuran Google.

Jadi untuk mengikuti tutorial ini kamu harus sudah mendaftarkan blog kamu di Search Console Google, jika belum paham caranya bisa simak disini.

Silahkan kamu masuk ke Search Console home kemudian pilih properti atau blog yang kamu daftarkan sebelumnya.

Pilih Telusuri Analytics, menu ini juga dapat diakses melalui Lalu Lintas PenelusuranTelurusi Analytics.

Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

Kemudian ceklist pada Posisi dan kamu dapat melihat rata-rata posisi kata kunci artikel secara keseluruhan maupun pada rentang atau tanggal tertentu.

Bandar Q

Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

Sebagai contoh diatas rata-rata posisi keyword artikel adalah 5,9 terhitung sejak 28 hari terakhir, silahkan kamu dapat cek untuk rentang waktu tertentu. Untuk posisi rata-rata keyword artikel harian juga bisa kamu cek, sebagai contoh diatas adalah posisi 5,7.

Posisi 5,7 artinya masuk halaman depan Google, halaman depan Google kan mulai dari posisi 1 hingga 10, halaman 2 Google berarti posisi 11 hingga 20 dan seterusnya.

Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

Selain Posisi, di Search Analytics kamu juga dapat cek jumlah Klik, Tayangan dan RKT. Apa maksud dan fungsi dari semua itu?

Klik

Klik artinya adalah berapa jumlah klik masuk yang dilakukan pengguna dari hasil penelusuran Google. Jumlah klik ini biasanya lebih tinggi dari trafik visitor asli blog kamu, misal trafik blog kamu 10.000 visitor/day maka jumlah klik dari Google berkisar 12.000 hingga 15.000 klik. Kenapa beda? mungkin karena trafik analisis tidak ada yang 100% akurat baik Histats maupun Google Analytics atau mungkin Search Analytics-nya yang tidak akurat.

Tayangan

Tayangan adalah berapa kali keyword blog kamu tampil di hasil penelusuran Google, baik halaman 1, 2, 3 atau seterusnya. Jumlah yang tampil atau view ini lebih tinggi dari trafik blog, misal blog dengan trafik 10.000 visitor perhari tanyangan di Google bisa mencapai 100.000 tayangan perharinya. Itu artinya dari 100.000 kali blog kamu muncul di Google hanya 10.000 klik yang dilakukan.

RKT

RKT adalah prosentase hasil perbandingan antara tayangan blog di Google dengan jumlah klik yang masuk. Misal Tayangan di Google 100.000 dan klik yang masuk 10.000 maka RKT-nya adalah 10%. RKT yang rendah biasanya mengindikasikan kurang menariknya judul artikel kamu bagi pembaca, atau tidak banyak pembaca yang mau klik artikel kamu di hasil penelusuran Google. Menurut pengamatan saya RKT blog rata-rata adalah 11% hingga 14%, jika mencapai diatas angka tersebut saya rasa cukup bagus.

Melalui fitur Telusuri Analytics atau Search Analytics Google juga memungkinkan mau mengetahui keyword apa saja yang populer di blog kamu. Sehingga dengan demikian mungkin kamu dapat lebih mengoptimasi artikel tersebut. Misal artikel paling banyak di klik di blog kamu adalah ‘cara membuat website’, kenapa tidak kamu tautkan link dari artikel tersebut ke halaman lain misal halaman Jasa Pembuatan Website? lumayan bisa buat tambah uang jajan bukan? masa sih dari sekian banyak pembaca tidak ada satupun yang nyantol untuk pakai jasa pembuatan website dari kamu?

One thought on “Cara cek rata-rata posisi keyword artikel di Google melalui Search Console

  1. Irwan

    Patut dicoba Gan artikelnya untuk milih milih keywords artikel di blog

Comments are closed.