Cara cek data e-KTP online

Cara cek data e-KTP online

Luxury138

Proses transformasi dari KTP versi lawas ke e-KTP atau KTP Elektronik ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu, namun sepertinya masih ada saja ya kendala dalam membuat e-KTP ini. Saya sendiri pun yang sudah rampung membuat e-KTP juga harus disibukkan lagi dengan data di e-KTP yang salah, padahal sebelumnya sudah sempat saya ajukan ralat. Di KTP lama sudah benar datanya, eh malah di e-KTP ini datanya kembali salah.

Data e-KTP yang salah tentunya merepotkan saya dalam membuat berbagai account seperti membuka rekening bank dan lain sebagainya. Data e-KTP yang salah ini sudah saya ralat lagi, jadi saya sudah ralat data KTP 2x nih. Saya penasaran apakah data KTP saya sudah di update oleh pusat, jadi saya ingin cek e-KTP saya secara online. Ketika sudah saya cek eh ternyata masih salah dan pakai data yang lama, yah sudah lah.

RGOCASINO

Cara cek data e-KTP online

Cara 1: melalui situs Kemendagri.go.id

Cara pertama untuk cek status NIK KTP secara online bisa melalui situs Ditjen Dukcapil Kemendagri, silahkan kunjungi http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik dan masukkan NIK kamu dan klik Cek.

Cara cek data e-KTP onlineSayangnya beberapa hari ini saya coba, situs Kemendagri tersebut tidak bekerja dengan baik. Ketika saya coba ternyata tidak memunculkan data e-KTP saya dan hanya reload halaman saja tanpa menampilkan data apapun. Belum diketahui dengan pasti apakah hanya saya saja yang mengalami hal ini.

Sebagai alternatifnya kamu dapat menggunakan aplikasi di Android untuk cek data e-KTP, berikut tutorialnya:

Cara 2: cek e-KTP melalui aplikasi Android

Silahkan bisa coba kamu download dan install aplikasi bernama Cek KTP Elektronik (PRO) di Play Store menggunakan Android kamu. Di Play Store ada banyak aplikasi cek KTP tapi saran saya coba cek menggunakan aplikasi ini:

Cara cek data e-KTP onlineJika sudah terinstall silahkan buka aplikasi tersebut, jika ada pop up permintaan mengaktifkan NFC ikuti saja perintahnya.

  • jika sudah klik Info NIK (Eksternal)

  • masukkan nomor NIK kemudian verifikasi Chaptcha dan klik Cari

Cara cek data e-KTP online

  • dan ini hasilnya

Sayangnya aplikasi ini tidak menampilkan semua data seperti nama dan alamat yang lengkap, mungkin masih dalam pengembangan atau memang terkait privasi. Jadi jika memang kamu ingin cek data di e-KTP untuk memastikannya bisa melalui instansi yang memang menaungi pengurusan KTP.

Luxury138