Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Luxury138

Broken link atau error 404 not found ini adalah halaman pada sebuah situs yang tidak menemui konten landas yang sesuai dengan apa yang diminta oleh pengguna. Halaman 404 ini nyaris ditemukan di blog maupun website, bisa dikarenakan beberapa hal yang nanti akan saya jelaskan di paragraf berikutnya. Broken link ini bisa terjadi pada link internal dan link eksternal.

  • Internal link: sebagai contoh kamu menautkan halaman konten lain di tiap posting artikel tapi ternyata konten yang kamu tautkan tersebut sudah berubah urlnya, sudah dihapus atau kamu salah mengetikkan linknya.
  • Eksternal link: sebagai contoh blog kamu menerima komentar URL, komentar URL seringkali digunakan sebagai media mencari backlink. Namun jika URL dalam komentar tersebut sudah tidak aktif maka akan menemui broken link, misal karena website yang ditautkan oleh pembaca sudah offline.

Kabarnya broken link ini tidak baik untuk SEO, karena logisnya halaman-halaman yang menautkan link tersebut saling terkait dan menyalurkan poin-poin dan jika ada broken link artinya ada beberapa aliran poin yang terputus. Tahukah kamu bahwa menautkan link dari satu konten ke konten lainnya bisa mengangkat peringkat konten-konten tersebut selama masih relevan.

RGOCASINO

Namun menurut saya halaman 404 ini seharusnya tidak sampai menurunkan peringkat website atau konten blog kamu di mesin pencari. Broken link 404 ini kaitannya lebih ke pengalaman pengguna, jadi sebaiknya memang diperbaiki mengingat Google juga mempertimbangkan pengalaman pengguna untuk meningkatkan kualitas layanan mereka.

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Penyebab dari broken link

Broken link bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya ada perubahan link pada website, halaman sudah dihapus, salah mengetikkan url tujuan, halaman/url yang tergenerate dengan sendirinya dan lain sebagainya.

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Nah bagi teman-teman yang saat ini sedang mengelola blog atau website, misal ketimbang bingung tidak ada kerjaan coba deh sesekali cek broken link di situs kamu dan sempatkan untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara cek broken link yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Google Search Console

Tools gratis dari Google ini memang banyak fungsinya, salah satunya adalah untuk memonitor link 404 di situs kamu. Silahkan kamu dapat cek melalui Properti situs di Search Console kemudian pilih Perayapan dan klik Kesalahan Perayapan, nanti akan ditampilkan link-link 404 di situs kamu.

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Namun kekurangan dari tools gratis ini adalah kamu hanya bisa mengetahui link 404 namun tidak tahu dimana saja link tersebut ditautkan di halaman situs kamu. Link 404 ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dari hasil penelusuran Google. Namun dimana saja link-link tertaut yang broken link di situs kamu inilah yang perlu diperbaiki, cara kedua berikut ini wajib dicoba.

2. Menggunakan Brokenlinkcheck.com

Sebenarnya ada banyak tools online yang bisa kamu gunakan untuk cek broken link, cukup search ‘broken link checker’ di Google maka akan ada banyak alternatif tools yang bisa kamu coba. Namun saya cenderung lebih suka menggunakan Brokenlinkcheck.com alasannya karena dia masuk page one dan nomor 1, hehe.

Brokenlinkcheck.com ini dapat digunakan untuk cek broken link di situs kamu meliputi broken link di dalam artikel, di komentar dan lain sebagainya. Jadi kesalahan penautan link atau penulisan URL tautan juga bisa terdeteksi dengan tool ini. Saya pribadi sangat terbantu dengan tool ini untuk mengetahui link-link rusak di artikel saya dan juga komentar URL oleh pembaca.

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Namun kekurangannya adalah tool ini hanya bisa melakukan proses cek maksimal 3.000 halaman web pada versi gratis. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan cek per folder/direktori webnya, contoh ubloger.com/2015/ubloger.com/2016/ atau ubloger.com/2017/ atau usahakan folder yang dicek tidak lebih dari 3.000 halaman. Sayangnya untuk melakukan cek per folder harus pakai layanan premium, saya juga pakai yang premium kok dan bisa memproses lebih dari 3.000 halaman situs.

3. Menggunakan plugin (WordPress)

Untuk kedua cara sebelumnya dapat dicoba baik di blogspot (blogger), WordPress dan jenis CMS situs lainnya. Sedangkan cara yang ketiga ini hanya bisa dilakukan di situs WordPress, yakni dengan menggunakan bantuan plugin bernama Broken Link Checker. Silahkan install dan aktifkan, melalui PluginBroken Link Checker silahkan klik Settings kemudian bisa disesuaikan berapa jam sekali checking dilakukan.

Hasil laporan yang diberikan mungkin tidak instan, mungkin butuh waktu beberapa jam hingga Plugin melaporkan adanya broken link. Nanti broken link akan di tampilkan di notifikasi ToolsBroken Links.

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Menariknya dari Plugin ini adalah cara memperbaiki broken link yang sangat simpel, cukup ceklist semua broken link kemudian pada Bulk Option bisa memilih beberapa pilihan diantaranya redirect, edit URL, unlink dan lain sebagainya. Kalau saya sendiri lebih suka memilih unlink atau menghapus semua link error tersebut secara masal.

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Kelebihan dari plugin ini adalah cara penggunaannya yang mudah terlebih gratis, cara memperbaiki broken link juga sangat mudah karena kamu tidak perlu edit satu persatu linknya. Sedangkan kekurangannya adalah proses scan broken linknya yang saya rasa cukup lama, di blog saya ada ratusan broken link tapi terkadang laporan dari plugin ini cukup lama dimana satu hari saja baru melaporkan beberapa link rusak. Kemudian plugin Broken Link Checker ini sepertinya hanya cek broken link di URL kolom komentar saja, tidak men-scan broken link di dalam artikel.

Jadi menurut uBloger.com cara cek broken link terbaik yang mana? menurut saya adalah dengan memadukan ketiga cara dan tools diatas. Namun jika harus memilih salah satu yang terbaik menurut saya adalah tool dari Brokenlinkcheck.com dan jika halaman web kamu cukup banyak maka bisa menggunakan layanan premium dan melakukan cek perfolder atau direktori webnya.

Tips memperbaiki dan mengatasi broken link

Memperbaiki broken link

Memperbaiki disini maksudnya adalah membuat konten yang relevan kemudian URLnya menggunakan broken link tersebut. Terlebih jika broken link tersebut memiliki banyak link yang mereferensikannya maka sebaiknya buatlah konten yang menggunakan URL broken link tersebut jika memungkinkan. Lalu rubah juga URL tautan jika ada konten yang menautkan link ke broken link.

Me-redirect broken link

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbaiki broken link dengan mengalihkannya ke halaman lain yang relevan, atau jika tidak ada halaman yang relevan sama sekali mungkin bisa dialihkan ke homepage. Jika banyak broken link di situs kamu maka bisa mencoba mengalihkan semua broken link 404 ke homepage, tutorialnya bisa kamu simak disini untuk pengguna WordPress. Untuk pengalihan yang dilakukan adalah pengalihan 301 atau permanen ya?

Menghapus broken link

Cara cek broken link dan tips memperbaikinya

Tips terakhir adalah dengan menghapus broken link tersebut dari penelusuran Google, caranya masuk ke Google Search Console kemudian pilih Properti situs kamu pilih Google Indeks dan klik Hapus URL. Masukkan URL broken link ikuti stepnya, kamu tinggal menunggu permintaan dieksekusi oleh Google.

Diatas adalah beberapa cara untuk cek broken link dan tips untuk memperbaikinya. Meskipun broken link atau halaman error 404 ini mungkin bukanlah masalah yang serius, namun ada baiknya luangkan waktu untuk melakukan cek dan memperbaikinya.

Luxury138