Cara Cek Backlink

Cara Cek Backlink

Luxury138

Bagi yang belum paham apa itu backlink, secara umum adalah link dari situs kita yang menempel atau ditautkan di situs, website atau blog lain. Jadi jika kamu melihat tautan teks di website yang ketika di klik mengarah ke website lain maka itu bisa disebut sebagai backlink. Selengkapnya mengenai penjelasan backlink bisa kamu simak disini Pengertian Apa Itu Backlink Pada Blog Atau Website.

Backlink atau Link Building masuk dalam lingkup SEO Offpage atau optimasi yang dilakukan diluar blog atau website itu sendiri. Tujuan dari backlink secara umum adalah untuk mendongkrak peringkat sebuah website utama di halaman mesin pencari terutama Google. Untuk optimasi keyword sendiri, backlink diterapkan dengan cara menggunakan anchor text sesuai dengan kata kunci yang ingin dioptimasi.

RGOCASINO

Backlink tidaklah secara instan bisa memberikan dampak signifikan, dampaknya mungkin bisa berbulan-bulan baru terasa. Hal tersebut menurut saya sangat lumrah, karena semua hal itu prosesnya secara bertahap. Namun jika konsiten membangun backlink dari waktu ke waktu saya yakin hasilnya akan sangat baik. Karena mengembangkan blog atau website sebenarnya hasilnya bisa dinikmati dalam jangka panjang, kalau saya sebut sih sebagai investasi.

Cara Cek Backlink

Kali ini saya ingin menjelaskan cara cek backlink menggunakan beberapa cara, artikel ini terinspirasi dari banyaknya pembaca yang menanyakan gimana sih cara cek backlink? namun sebelumnya kamu harus paham beberapa penjelasan berikut:

Backlink mungkin tidak terindeks secara instan

Saya terkadang tersenyum dalam hati, ketika seorang pembaca menanyakan “kok tadi malam saya naruh backlink hari ini saya cek belum terindeks?“. Nah perlu kamu ketahui bahwa proses indeks backlink tidak seperti dan secepat indeks artikel atau konten di blog kamu.

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk cek backlink yang akan dibahas di paragraf selanjutnya, dari masing-masing tools tersebut memiliki algoritma sendiri jadi proses index backlink masing-masing tools bisa jadi berbeda baik jumlah backlink maupun lamanya backlink terindeks.

Bisa saja ada backlink yang tidak terindeks

Seperti yang sudah saya sampaikan di paragraf sebelumnya bahwa masing-masing tools memiliki algoritma sendiri, bisa saja sebuah tools tidak mengaggap bahwa satu link di website lain adalah sebuah backlink. Mungkin kamu sudah menanamkan 1000 backlink namun bisa jadi yang terindeks hanya separuhnya atau mungkin tidak sampai sepertiganya, itu bisa saja terjadi.

Cek backlink menggunakan tools berbayar

Tools berbayar menurut saya memiliki kualitas index yang lebih baik, bahkan backlink kemarin sore bisa saja sudah terindeks. Beberapa layanan berbayar untuk cek backlink seperti Ahrefs.com, Majestic.com dan Openlinkprofiler.org adalah layanan premium favorit saya saat ini. Jika kamu tidak menggunakan akun Premium mungkin hanya bisa cek beberapa domain saja perharinya.

Contoh cara menggunakan Ahrefs

Untuk bisa menikmati layanan Ahrefs silahkan login terlebih dahulu, jika sudah masukkan nama domain dan klik Search, untuk penjelasannya bisa lihat gambar berikut:

Cara Cek Backlink

  1. Ahrefs Rank: adalah ranking atau peringkat situs berdasarkan algoritma Ahrefs, mungkin mirip-mirip sama Alexa
  2. UR & DR: adalah rating URL dan rating Domain berdasarkan algoritma Ahrefs, mungkin mirip seperti tools dari MOZ untuk ce DA dan PA website
  3. Backlinks: adalah jumlah backlink secara keseluruhan pada semua halaman baik di posting, page, komentar dan lain sebagainya
  4. Referring domains: adalah jumlah domain yang mengarah ke website yang kamu cek
  5. Organic keywords: adalah keyword yang ada diwebsite tersebut yang banyak dicari pembaca atau visitor (misal 34K berarti 34 ribu)
  6. Organic traffic: adalah estimasi trafik visitor dari website yang kamu cek

Silahkan kamu dapat mengeksplor sendiri tool dari Ahrefs ini, menurut saya ini adalah tools premium yang paling lengkap. Untuk Majestic dan Openlinkprofiler juga bagus, tentunya masing-masing pengguna memiliki pendapat sendiri-sendiri.

Cek backlink menggunakan tools gratis

Tools SEO untuk cek backlink sangatlah banyak, kedua diantaranya adalah Siteexplorer.info dan Backlinkwatch.com. Saya rasa saya tidak perlu mencontohkan cara menggunakannya ya? karena sangat mudah. Kekurangan dari tools gratis ini adalah index backlinknya yang kurang update bahkan untuk web baru mungkin laporan backlinknya masih nol, jadi soal index dan keakuratan data masih kalah dengan tools premium seperti Ahrefs.

Cek backlink yang terindeks Google melalui Search Console

Nah yang paling penting adalah apakah backlink kamu terindeks oleh Google sebagai mesin pencari terpopuler saat ini. Di Webmaster Google atau Search Console ada fitur untuk cek backlink website kamu, tentunya kita tidak bisa cek backlink website lain dengan Search Console ini.

Caranya masuk ke Properti situs kamu di Search Console kemudian pilih Lalu Lintas Penelusuran – Tautan ke Situs Anda, seperti ini contohnya:

Cara Cek Backlink

Karena kebanyakan website di optimasi di halaman penelusuran Google, maka sebaiknya acuan kamu adalah backlink yang di cek melalui Google Search Console. Sedangkan tools selain Webmaster Google tujuan utamanya adalah untuk kegiatan dan praktek SEO seperti menganalisis kompetitor atau pesaing dari website yang kamu optimasi, meskipun pada dasarnya untuk menganalisis website milik kita sendiri pun bisa.

Nah demikianlah gambaran umum cara cek backlink beserta penjelasannya, bagi teman-teman yang punya cara atau pendapat lain jangan sungkan untuk menyampaikannya ke kita. Masih seputar backlink, artikel berikut pasti menarik untuk kamu simak: Cara Mendapatkan Backlink Dari Google, Mau?

Luxury138