Bintik Hitam di Mata Setelah Lihat Gerhana? Waspada

By | 10 March 2016
Bintik Hitam di Mata Setelah Lihat Gerhana

image: liputan6.com

Bintik Hitam di Mata Setelah Lihat Gerhana? Waspada – Diketahui bahwa melihat gerhana matahari secara langsung tanpa pelindung mata dapat berakibat kebutaan permanen. Hal ini di sebabkan karena rusaknya retina mata terkena paparan tajam sinar matahari pada fase gerhana matahari.

Lalu jika anda merasa ada yang aneh dengan penglihatan anda setelah melihat gerhana matahari, anda patut waspada. Salah satu yang perlu anda cermati yakni munculnya bintik hitam yang menghalangi pandangan anda. Hal tersebut bisa menandakan bahwa area penglihatan anda terbakar.

Hal yang paling di takutkan dari keluhan bintik hitam di mata ini adalah kerusakan pada retina. Jika tidak segera di tangani maka dapat beresiko rusaknya solaria retinopati, tutur Dokter Mata Dr Gitalisa Andayani, SpM(K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FKUI) ke tim liputan6.com.

Pada beberapa kasus bintik hitam tersebut tidak mau hilang, jika demikian maka mata berisiko luka bakar dan scar retina akan terjadi. Memang ada yang bisa pulih normal tanpa pengobatan medis, namun hanya sekian persen saja.

Melihat gerhana matahari dengan mata telanjang di perbolehkan, pada fase gerhana matahari total saat paparan sinar matahari lebih sedikit. Namun ketika pergeseran bayang – bayang inilah yang perlu di waspadai.

Kondisi mata yang tidak siap dengan suasana gelap sebelumnya akan langsung di ‘tembak’ oleh sorotan tajam sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet. Resiko terparah adalah kebutaan permanen, karena rusaknya retina mata.

Penting untuk menggunakan kacamata gerhana, lalu kenapa tidak menggunakan kacamata hitam? karena tingkat penyerapan cahaya dari sunglass tidak sebesar seperti kacamata khusus gerhana matahari.

Baca juga:

Salah satu kacamata yang ada di sekitar anda yang bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari adalah kacamata yang digunakan untuk aktivitas las. Daya saring cahaya dari jenis lensa ini sudah cukup aman melindungi retina mata dari sinar matahari.

Vimax Canada
Category: Gaya Hidup Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.