Bikin penasaran, berapa GB kapasitas otak manusia?

Otak manusia merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh, otak merupakan pusat sistem saraf tubuh manusia. Otak memiliki volume sekitar 1.350 sentimeter kubik dengan milyaran sel saraf atau neuron didalamnya. Selain digunakan untuk berfikir, otak berperan mengatur fungsi dalam tubuh manusia seperti gerakan, perilaku, fungsi tubuh, detak jantung, tekanan darah, keseimbangan, suhu tubuh dan lain sebagainya.  Otak juga berperan dalam perkembangan psikologi kognitif, sehingga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Selama bertahun-tahun para ilmuwan telah melakukan penelitian terhadap otak manusia guna untuk kepentingan di bidang medis. Seperti yang kita tahu otak digunakan untuk menyimpan berbagai kenangan atau memori ingatan manusia, seperti menyimpan momen-momen bahagia, sedih dan segala peristiwa berkesan yang terjadi dalam perjalanan hidup seorang manusia.

AGEN333

Jika berbicara peran otak sebagai memori, tentunya yang namanya memori pasti ada kapasitasnya kan?

Berapa GB kapasitas otak manusia sebenarnya?

Nah kapasitas otak manusia ini telah menjadi pertanyaan di bidang medis. Sebelumnya seorang ilmuwan Amerika Serikat bernama Paul Reber yang merupakan seorang profesor psikologi di Northwestern University juga mendiskusikan hal yang sama.

Reber mengungkapkan bahwa organ terpenting manusia tersebut terdiri dari miliaran neuron. Namun bukan berarti satu neuron hanya menyimpan satu memori saja, melainkan setiap neuron terdiri dari seribu hubungan dengan neuron lainnya, membuat koneksi mencapai triliunan jumlahnya. Neuron saling berhubungan sehingga masing-masing membantu dengan banyak kenangan pada suatu waktu. Menurut Paul Reber kapasitas otak manusia sekitar 1.000.000 GB.

Namun baru-baru ini salah seorang peneliti di bindang neurosains dari Salk Institute mengungkapkan bahwa kapasitas otak manusia lebih besar 10x lipat dibandingkan hasil dari penelitian sebelumnya, yakni mencapai 10.000.000 GB. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa kemampuan otak manusia jauh lebih hebat dari apa yang dikemukakan ilmuwan sebelumnya.

Yang jelas, besar kapasitas penyimpanan otak menusia sulit dihitung secara tepat. Hal ini disebabkan karena, pertama: manusia tidak tahu bagaimana mengukur ukuran memorinya, kedua: kenangan tertentu melibatkan memori lebih detail dan dengan demikian mengambil lebih banyak tempat, sementara kenangan lainnya dilupakan dan dengan demikian ruang menjadi bebas. Selain itu, beberapa informasi tidak terlalu perlu diingat.

AGEN333