Beli Jasa Backlink PBN? Simak Dulu Tips Berikut

Beli Jasa Backlink PBN? Simak Dulu Tips Berikut

Luxury138

Blog atau website PBN (Private Blog Network) adalah sejumlah atau serangkaian website yang dikelola khusus dan digunakan untuk memberikan link ke website utama, atau bisa di katakan digunakan untuk mendongkrak popularitas website utama yang sering di sebut Money Site.

Dalam satu network PBN terdapat puluhan bahkan hingga ratusan blog dan kesemuanya memberikan link ke website utama yang di optimasi. Sebenarya blog PBN ini mirip – mirip blog dummy ya? atau mungkin namanya saja yang berbeda, untuk domain PBN ini di dapatkan dari domain – domain bekas yang expired atau tidak diperpanjang pemiliknya.

RGOCASINO

Jadi domain bekas itu laris manis di buru untuk membuat PBN, kenapa? karena domain expired kebanyakan sudah memiliki peringkat (DA, PA, CF, TF, dll) yang bagus di mesin pencari. Jadi daya gedor backlinknya tentu lebih dahsyat ketimbang web atau blog yang baru berumur beberapa bulan.

Beli Jasa Backlink PBN? Simak Dulu Tips Berikut

Untuk membuat blog PBN ini membutuhkan banyak waktu, tenaga dan biaya. Jadi mungkin sebagian besar orang memilih membeli jasa backlink PBN dari layanan – layanan penjual backlink PBN. Sebenarnya kalau ditelaah lagi, namanya PBN kok di komersilkan? jadi bukan private network lagi dong? :D

Nah bagi kamu yang tengah mencari atau ingin membeli jasa backlin PBN, mohon perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan membelanjakan uang kamu.

1. Cek Semua Blog PBN

Sebelum membeli, cobalah tanyakan dan minta list atau daftar web PBN yang mereka kelola. Kamu cek kesemua domain tersebut apakah memang benar – benar layak kamu beli. Jangan sampai kamu menghambur – hamburkan uang untuk hal yang mungkin tidak ada hasilnya. ‘Save your money‘, simak tips di paragraf berikutnya.

2. Pastikan PBN terindeks Google

Search engine itu banyak ya? ada Bing dan Yahoo, tapi rata – rata yang di optimasi adalah Google saja. Maka dari  itu pastikan domain PBN yang hendak kamu gunakan tersebut terindeks Google, termasuk juga link artikel di dalamnya. Jika tidak terindeks Google, kemungkinan backlink yang kemu beli tidak terindeks Google pula dan ini sangat merugikan.

3. Cek DA & PA

Silahkan cek DA dan PA blog PBN tersebut, kalau untuk Alexa biasanya No Data atau angkanya besar karena mereka jarang update. Pastikan DA dan PA tersebut nilainya diatas 15 atau 20, untuk cek DA PA sebuah website bisa kamu gunakan tool ini https://moz.com/researchtools/ose/.

4. Cek IP masing – masing domain PBN

Sebagus – bagus blog PBN adalah memiliki IP yang berbeda untuk masing – masing dari mereka, misal ada 100 domain PBN maka akan sangat baik jika masing – masing memiliki IP yang berbeda. IP berbeda itu artinya mereka di hosting di server yang berbeda – beda dan seolah – olah mereka di kelola oleh orang yang berbeda – beda.

Karena backlink itu dibedakan menjadi referring page, referring domain dan reffering IP. Silahkan kamu dapat cek masing – masing IP PBN tersebut menggunakan tool seperti di https://www.whatsmydns.net/ pilih A di kolom sebelahnya. Jika hasilnya keseluruhan blog PBN tersebut di hosting di IP yang sama, maka ada baiknya kamu tidak membelinya.

5. Cek Kontak Informasi dari Domain PBN

Pastikan juga kontak informasi atau WHOIS masing – masing domain berbeda, mulai dari nama pemilik, alamat, kontak email dan lain sebagainya atau jika mereka di proteksi ID maka bisa abaikan step ini.

6. Apakah PBN tersebut banyak link keluar?

Link keluar yang wajar itu masih bisa di toleransi ya? tapi kalau link keluar sangat banyak maka impact atau dampak baik dari blog PBN tersebut menjadi berkurang. Pada intinya semakin sedikit link keluar dari blog PBN maka semakin baik. Terutama pastikan juga di homepage tidak banyak link menuju website lain, ukuran banyak dan tidak itu relatif ya? pasti kamu bisa bedakan mana yang wajar dan tidak.

7. Pastikan Backlink Permanen

Tanyakan juga apakah backlink tersebut di pasang permanen atau hanya untuk periode beberapa bulan saja. Pasang backlink yang hanya beberapa bulan (dibawah 3 bulan) itu bisa saya katakan merugi. Karena butuh waktu bagi mesin pencari untuk mengindeks backlink hingga menaikkan peringkat website kamu.

8. Pertimbangkan Soal Harga

Misal saja untuk per 1 backlink dihargai 200 ribu, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan optimasi SEO selain dari backlin PBN. Misal kamu hendak membeli 100 backlink maka dana yang kamu keluarkan adalah 20 juta, dengan budget demikian lebih efektif jika kamu menggunakan jasa backlink biasa di tambah posting artikel berbayar di blog lain.

Nah demikianlah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli jasa backlink PBN. Lalu backlink PBN sama backlink standar itu bagus mana? tentu sama – sama bagus tergantung dimana backlink di pasang, jika di tautkan di website – website dengan peringkat bagus tentu hasilnya akan sangat bagus. Jika teman-teman tertarik membuat blog network dan tidak mau repot, bisa juga menggunakan jasa pembuatan PBN dari saya.

Luxury138