Bagaimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang Dari YouTube?

Bagaimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang Dari YouTube?

image: videosatu.com

Bagaimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang Dari YouTube? – YouTube merupakan situs berbagi video paling populer saat ini. Hampir semua video yang anda cari pasti anda temukan di YouTube. YouTube sendiri resmi di beli Google pada tahun 2006 silam, ketika umur YouTube masih satu tahun Google menawar situs tersebut dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp 23 triliun.

Luxury138

Situs video yang di buat oleh 3 mantan pegawai PayPal ini kini menjelma menjadi situs video terbesar yang dimiliki Google. Ternyata popularitas YouTube tidak hanya memberikan pemasukan secara finansial untuk Google saja, namun pengguna YouTube pun dapat memperoleh uang dari situs ini.

YouTube kini menjadi semacam industri tersendiri, dimana pengguna menjadikan YouTube sebagai lahan untuk mendapatkan income atau bahkan sebagai sebuah profesi. Disebut sebagai “YouTuber” secara konsisten terus mengunggah video unik mereka ke YouTube, sebagian dari mereka berhasil menjadikan YouTube sebagai sumber pemasukan.

RGOCASINO

Bagaimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang Dari YouTube?

Namun sebenarnya bagaimana sih cara YouTuber ini mendapatkan uang dari hanya mengunggah video ke YouTube? Nah berikut ini penjelasan bagaimana cara YouTuber mendapatkan uang dari YouTube.

Monetize iklan Google

YouTuber akan diberikan pilihan apakah mereka ingin me”Monetize” video mereka. Jika iya, maka iklan dari Google akan tampil di video yang mereka unggah ketika di putar. Dari 100% harga iklan anda akan di beri komisi 55%, sisanya untuk YouTube sendiri. Nah ada beberapa jenis iklan nih yang tampil di YouTube, diantaranya:

  • In- Stream Ads: adalah iklan yang muncul di awal video ketika anda memutar video
  • Display Ads: adalah iklan yang tampil di pojok kanan browser pengguna
  • Overlay Ads: adalah iklan yang muncul di bagian bawah video

Semakin banyak orang yang memutar video anda maka semakin banyak iklan yang dilihat alhasil semakin besar komisi anda dari YouTube. Sistem yang digunakan berbasis CPM (Cros Per Mile), artinya setiap 1000 tayangan iklan di video tersebut anda akan di bayar sekian dolar. Jadi jika video anda di tonton oleh 10 ribu pengguna dan harga per CPM adalah $1 maka anda akan mendapatkan komisi $1 x 10 = $10.

Iklan merupakan salah satu lini pemasukan Google yang paling besar, banyak sekali klien yang mengiklankan bisnis mereka di Google. YouTube hanya salah satu media bagi Google untuk mengiklankan iklan para kliennya. Media lainnya seperti blog, website, aplikasi melalui program AdWords.

Baca juga:

Ini merupakan cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling banyak YouTuber lakukan. Banyak juga YouTuber yang merupakan sebuah kelompok, organisasi dan dapat mengunggah banyak video di YouTube. Tentunya semakin banyak video yang diunggah semakin banyak pemirsa dan semakin tinggi bayaran yang di dapatkan.

Luxury138

3 thoughts on “Bagaimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang Dari YouTube?

  1. Ari aditia

    Ane cuma pake blog buat menghasilkan uang. Kalau youtube enggk bisa buat video hehe

  2. rizal

    Min ane kan punya vidio youtube juga, nah klo mau masukin iklan nya itu gmna min ? Dan nanti kan dibayar ? Cara mereka membayarnya gmna ??

    1. s.magi Post author

      Jadi untuk di YouTube, jika mas Rizal ingin mendapatkan uang dari sana bisa bermitra menjadi publisher AdSense di YouTube. Jadi step yang harus di lakukan adalah mendaftar ke Google AdSense – Konfirmasi diterima – Memasang Iklan – Dibayar.

      Nah untuk pembayarannya melalui tranfer dan biasanya Google AdSense menggunakan Western Union yang kemudian bisa di ambil di kantor pos atau pembayaran sejenisnya. Untuk mempelajari hal tersebut bisa mencoba search di Google dengan kata kunci pencarian ‘cara mendaftar AdSense di YouTube’, semoga berhasil :)

Comments are closed.