Apa yang Dimaksud Cron Job? Ini Pengertian dan Penjelasannya

By | 31 May 2016
188Domino | Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya

Apa yang Dimaksud Cron Job? Ini Pengertian dan Penjelasannya

Apa yang Dimaksud Cron Job? Ini Pengertian dan Penjelasannya – Bagi kamu pemilik website atau blog dengan hosting mandiri pasti sering mendengar istilah Cron Job. Misal saja di WordPress, beberapa plugin menjelaskan bahwa plugin tersebut mengeksekusi Cron Job sehingga perlu memperhatikan sumber daya hosting.

Cron Job adalah utility program yang ada di Linux atapun Windows untuk mengeksekusi sebuah perintah secara otomatis dalam jangka waktu tertentu atau terjadwal. Bagi kamu pengguna Linux Web Server juga pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Cron Job ini.

Sebagai contoh pada beberapa plugin WordPress seperti plugin posting otomatis atau import otomatis yang seringkali di temui di sistem AGC (Auto Generate Content) atau Autoblog, mereka menerapkan sistem Cron Job.

RomeoPoker | Agen Poker Online | Agen Domino99 Online | Agen BandarQ

Sebagian besar plugin dengan sistem Cron Job membutuhkan sumber daya server yang tinggi, karena setiap waktu atau selang waktu tertentu mereka mengeksekusi sebuah tugas secara otomatis.

Tahukah kamu bahwa beberapa penyedia hosting atau web server di Indonesia melarang penggunaan plugin yang menjalankan Cron Job seperti STT2, WpRobot dan lain sebagainya? tidak lain alasannya adalah karena penggunaan sumber daya yang seringkali tinggi sehingga menciptakan overload dan membebani server mereka.

Yang di maksud membebani disini adalah kinerja seperti RAM, CPU hosting menjadi sangat tinggi. Pada beberapa layanan hosting klasik, ketika salah satu server mengalami overload maka dapat menurunkan kinerja akun website lainnya dalam satu server yang sama.

Salah satu contohnya adalah Cron Job pada plugin auto posting (Autoblog), selang beberapa waktu secara terjadwal mereka akan mengimpor artikel dari Feed website lain untuk di posting secara otomatis di website yang bersangkutan.

Semakin banyak Feed yang di impor maka akan semakin berat kinerja server, terlebih jika Cron Job diatur dalam waktu beberapa menit sekali. Inilah alasan kenapa kamu harus menggunakan server dengan sumber daya tinggi jika ingin menjalankan plugin dengan sistem Cron Job.

Nah itulah penjelasan secara umum, yang membahas kulit luar dari Cron Job, jika ingin di bahas lebih lanjut tentu saja menjadi sangat panjang dan memusingkan ^_^

Obat Pembesar Penis
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

2 thoughts on “Apa yang Dimaksud Cron Job? Ini Pengertian dan Penjelasannya

  1. yusep

    Cron job sebenarnya bisa efektif dan dapat dikatakan sebagai sebuah strategi. Misalnya saja kita sudah menulis dua atau tiga artikel karena lagi ada ide. Ini bisa diatur perilisannya.

    Reply
    1. s.magie Post author

      Terimakasih mas Yusep atas tambahan penjelasannya, iya Cron Job bisa di atur selang waktunya :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.