Apa Tugas dan Tanggung Jawab Admin GA (General Affair)

By | 12 February 2016

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Admin GA (General Affair)

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Admin GA (General Affair) – Posisi pekerjaan sebagai administrasi merupakan salah satu posisi pekerjaan yang paling banyak di minati para pencari kerja. Bekerja sebagai administrasi terlihat begitu nyaman karena tidak perlu panas – panasan, hujan – hujanan tinggal duduk di ruangan ber-AC.

Namun bagi sebagian orang bekerja sebagai staff administrasi bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Pasalnya anda harus berkutat dengan angka, data dan semuanya harus akurat serta tepat waktu.

Ada berbagai macam jenis posisi sebagai staff administrasi, mulai dari admin gudang, admin pajak, admin penjualan dan lain sebagainya. Tentunya anda sudah paham betul apa kira – kira pekerjaan dari masing – masing dari jenis admin tersebut.

Lalu bagaimana dengan admin GA atau admin general affair?

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Admin GA (General Affair)

Mungkin anda sudah menemukan berbagai penjelasan secara teoritis fungsi dan peranan admin GA di dalam sebuah perusahaan. Lalu apa sih pekerjaan dari admin GA? berikut ini jenis pekerjaan dan tanggung jawab dari admin GA:

Absensi

Admin GA harus memonitor absensi karyawan di perusahaannya, misal ada yang cuti, sakit, atau bolos semua harus di urus dan di data dengan baik untuk kemudian di bual laporan. Misal ketika ada karyawan yang sakit maka admin GA perlu meminta surat keterangan dokter dari si karyawan tersebut, begitu juga bentuk absensi karyawan.

Aset Perusahaan

Meskipun sebagian aset perusahaan seperti kendaraan sudah ada yang menanganinya sendiri, namun admin GA juga mengurusi inventori kantor yang lainnya. Seperti contoh meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Semua harus di data jumlahnya, kelengkapannya, fisiknya termasuk jika ada transfer inventori kantor dari cabang lain.

Membuat Laporan

Membuat laporan sudah merupakan tugas utama bagi admin, tak terkecuali seorang admin GA. Nah laporan ini bisa berformat laporan harian, mingguan, bulanan atau per periode lainnya. Data tersebut harus anda susun dengan benar.

Keluar Masuknya Karyawan

Untuk karyawan baru, seorang admin GA biasanya akan mengurusi semua keperluannya. Dari mulai pengajuan karyawan ke pusat, kontrak karyawan, mengurus fasilitas kesehatan dan lain sebagainya. Begitu juga dengan karyawan yang berhenti kerja atau resign, semua data harus di input dan di rekap.

Monitoring

Selain itu admin GA juga bertanggung jawab memonitor seperti jumlah karyawan per periodenya, jumlah aset per periodenya dan lain sebagainya. Kenapa perlu di pantau? karena jumlah karyawan, jumlah aset kesemuanya dapat berubah – ubah tiap waktu. Jadi perlu bagi perusahaan untuk memantau hal tersebut.

Baca juga:

Itulah beberapa gambaran umum job desk atau rincian kerja dari admin GA. Semoga artikel ini bisa menjadi gambaran bagi teman – teman yang hendak melamar pekerjaan untuk posisi admin GA atau mungkin sudah di terima kerja di posisi tersebut.

Vimax Canada
Category: Bisnis Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.