Apa Manfaat Kartu Kuning / Kartu Pencari Kerja, AK/I?

Apa Manfaat Kartu Kuning / Kartu Pencari Kerja, AK/I?

Apa Manfaat Kartu Kuning / Kartu Pencari Kerja, AK/I? – Kartu Kuning adalah Kartu Pencari Kerja atau sebenarnya bernama kartu AK/I. Kartu ini di keluarkan oleh dinas yang membidangi ketenaga kerjaan misal Depnakertrans. Untuk membuat kartu kuning ini gratis dan tidak di kenakan biaya sepeserpun, persyaratan yang di butuhkan antara lain FC Ijazah terakhir, FC KTP, Pas Foto 3 x 4 (2 lembar) dan di masukan ke dalam Map Merah.

Rgocasino

Baca juga: Cara Membuat dan Mengurus Kartu Kuning

Apa Manfaat Kartu Kuning / Kartu Pencari Kerja?

Lalu sebenarnya apa sih manfaat yang di dapat dari para pencari kerja dengan adanya Kartu Kuning atau Kartu Pencari Kerja ini?

Bandar Q

# Sebagai Syarat Instansi Tertentu

Kartu kuning sering kali menjadi syarat untuk bisa masuk ke instansi atau perusahaan tertentu yang harus ada sebagai pelengkap berkas semisal surat lamaran kerja.

# Pencari Kerja Menjadi Prioritas Disnakertrans

Nah para pencari kerja yang masih nganggur ini di harapkan untuk membuat kartu kuning. Karena setelah anda membuat kartu kuning maka Disnakertrans sebenarnya mempunyai kewajiban untuk menyalurkan kerja. Dengan kata lain para pencari kerja menjadi prioritas dari Dinas Ketenagakerjaan terlebih lagi jika setelah berapa kali melapor belum juga mendapatkan pekerjaan.

Dengan demikian maka jika perusahaan tempat kita melamar pekerjaan menerima surat lamaran kita dan melihat pelamar kerja telah mempunyai kartu kuning maka di harapkan kita juga menjadi prioritas dari perusahaan tersebut, terlebih lagi jika memang perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan.

Untuk membuat kartu kuning ini cukup mudah dan tidak di kenakan biaya, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda para pencari kerja untuk mengurusnya.

2 thoughts on “Apa Manfaat Kartu Kuning / Kartu Pencari Kerja, AK/I?

  1. Warliyanto

    Kepada yth,
    1. Instansi penyelenggara saya mau bertanya tentang kartu kuning apakah pekerja yg tidak memiliki kartu kuning tidak bisa mendapatkan hak yang sama???
    2. Bagai mana kalau pemerintah membantu para pekerja untuk mendapatkan hak perlindungan kerja bagi yg tidak memiliki kartu kuning

    1. d.bhaghoz Post author

      Kalau soal pertanyaan tersebut sebenarnya saya kurang bisa menjawabnya, namun menurut saya Kartu Kuning sering digunakan sebagai syarat untuk melamar kerja terutama saat masuk instansi pemerintahan. Bisa dikatakan bahwa Kartu Kuning sebagai pelengkap atau dokumen pendukung. Sebenarnya pemilik Kartu Kuning sendiri diminta untuk melapor setiap 6 bulan sekali tentang statusnya apakah sudah bekerja atau belum bekerja. Lalu apakah menjamin pemilik kartu kuning akan cepat mendapatkan kerja? menurut saya tidak, sama saja seperti tidak menggunakan kartu kuning, menurut pengalaman saya. Kartu Kuning juga menerangkan bahwa si pemilik memang benar-benar tidak terikat kontrak kerja dengan instansi manapun. Tapi mengingat pembuatan Kartu Kuning yang sangat mudah, saya rasa status pekerja menjadi kurang valid :)

Comments are closed.