Alasan Google Hapus Java Dari Android

Alasan Google Hapus Java Dari Android – Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di perangkat seperti komputer dan handphone. Application programming interface (API) Java ini di kembangkan oleh Oracle.

Baca juga: Kata Kunci 2015 Yang Paling Banyak di Cari di Google Indonesia

Rgocasino

Dikutip dari detik.com, baru – baru ini Google menyatakan akan melepas API Java di Android. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari permasalahan hukum dengan pemilik paten Java, Oracle.

Alasan Google Hapus Java Dari Android

Bandar Q

Pada tahun 2010 lalu Google di tuntut oleh Oracle karena menggunakan API Java tanpa izin. Namun pada waktu itu Google menyatakan bahwa penggunaan API tidak bisa di kategorikan sebagai pelanggaran hak paten karena perannya di pengembang software.

Kasus tersebut di menangkan oleh Google pada tahun 2012, namun ketika melanjutkan proses ke tahap yang lebih tinggi pengadilan menganulir keputusan tersebut sebelumnya dan mengembalikannya ke tahap pemeriksaan.

Jika pada pemeriksaan selanjutnya Google dinyatakan bersalah, maka Google akan membayar ganti rugi sangat besar. Pasalnya sejak awal Android sudah menggunakan API Java. Langkah Google untuk melepas API Java dari Android merupakan bentuk antisipasi kekalahan pada sidang pengadilan atas gugatan Oracle.

Baca juga: Apa Tujuan dari Balon Udara Google?

Sebagai pengganti dari API Java, Google akan menggunakan API dari OpenJDK. API tersebut merupakan versi open source dari Java Development Kit. Meskipun masih milik Oracle namun API tersebut dapat di pergunakan secara bebas.