Akurat Mana, Statistik Trafik Histats atau Google Analytics?

By | 21 March 2016
188Domino | Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya

Akurat Mana, Statistik Trafik Histats atau Google Analytics? – Ceritanya saya baru saja ditolak mendaftarkan blog untuk jadi publishers di salah satu layanan periklanan promoted content luar negeri. Salah satu persyaratan untuk menjadi publishers disana adalah minimal memiliki trafik 500.000 pageviews per bulan.

Alasan kenapa pengajuan saya di tolak adalah karena mereka mensyaratkan data yang diberikan adalah statistik dari Google Anlaytics sedangkan acuan saya adalah Histats. Saya tidak tahu apakah anda juga mengalaminya, statistik trafik blog di Google Analytics separuh dari statistik di Histats.

Sebenarnya ada beberapa alat untuk menganalisis trafik yang sering digunakan oleh webmaster, diantaranya adalah Histats, Google Analytics, Whos Amung dan AWStats di cPanel hosting. Hanya saja untuk Google Analytics dan Histats memang terlihat lebih populer.

Lalu lebih akurat mana? Histats atau Google Analytics?

Menurut saya Histats lebih akurat, meskipun kunjungan oleh kita sendiri juga dihitung di dalamnya. Namun sejauh ini saya cukup puas dengan laporan trafik dari Histats. Sebelumnya laporan trafik Histats blog saya berkisar 9000 – 10.000 UV.

RomeoPoker | Agen Poker Online | Agen Domino99 Online | Agen BandarQ

Saya menganggap bahwa laporan trafik tersebut cukup akurat, argumen saya ini di dasarkan pada beberapa patokan diantaranya:

1. Laporan ‘Klik’ di Search Console

Melalui Search Console kita dapat melihat berapa jumlah klik yang masuk ke blog kita. Nah klik disini menurut saya adalah klik dari halaman penelusuran Google. Laporan ini dapat dilihat melalui Lalu Lintas Penelusuran – Telusuri Analytics di dasbor Seach Console.

Akurat Mana, Statistik Trafik Histats atau Google Analytics?

Berdasarkan data di atas terlihat bahwa total klik yang di lakukan pengunjung berkisar antara 9000 – 10.000 dan laporan ini hampir sama dengan laporan trafik Histats.

2. Laporan ‘Pageview’ AdSense

Melalui laporan pageviews iklan AdSense kita dapat mengetahui berapa kali iklan di lihat oleh pengunjung.

Akurat Mana, Statistik Trafik Histats atau Google Analytics?

Terlihat bahwa tayangan iklan berkisar antara 9000 – 11.000, laporan ini hampir sama dengan laporan trafik Histats. Ingat, pageview dan impresi di AdSense berrbeda loh ya?

3. Laporan ‘AWStats’ di cPanel

AWStats merupakan alat yang di sediakan oleh cPanel untuk mengetahui trafik kunjungan situs. Di AWStats sendiri untuk laporan pageviews memang kurang akurat, namun untuk laporan visitor bisa di katakan cukup akurat.

Akurat Mana, Statistik Trafik Histats atau Google Analytics?

Berdasarkan laporan di atas, visitor blog berkisar 9000 – 11.000 dan ini mirip sekali dengan laporan impresi iklan di Adsense dan juga tak jauh beda dari laporan Histats.

Baca juga:

Nah argumen saya di atas tidak di dasarkan pada bagaimana sistem analisis trafik dari kedua tools tersebut, saya hanya membanding – bandingkan saja dan tidak paham bagaimana teknis kedua sistem analisis trafik tersebut berjalan.

Menurut kamu bagaimana?

*Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Obat Pembesar Penis
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

4 thoughts on “Akurat Mana, Statistik Trafik Histats atau Google Analytics?

  1. Wahyu Yoyok

    Keliatannya lebih enak pakai google analitics ya gan dibanding histats yg bikin kecepatan web turun, menurut saya sih ☺

    Reply
    1. s.magi Post author

      iya saya juga sudah tidak menggunakan Histats, tapi sih soal kecepatan loading kalau kebanyakan script juga pasti menurun :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.