5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang Seringkali Mengalami Kerusakan

Ketika akan mengisi daya baterai smartphone kamu seringkali mengalami beberapa masalah kecil dan itu membuat kamu kebingungan. Seperti gagal total dalam mengisi,  lambat atau seringkali persentase baterainya naik dan turun.

Tidak sedikit orang memiliki kesimpulan bahwa charger yang digunakan bermasalah atau handphone yang kita gunakan mengalami kerusakan, padahal itu belum tentu.

Sebenarnya sebagian besar masalah yang kamu almi soal charging bisa diselesaikan dengan sangat mudah tanpa kamu membawanya ke pusat service center. Maka dari itu jika kamu memiliki kendala charging, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut dari pada kamu harus beli baru:

5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang Seringkali Mengalami Kerusakan

Mungkin Didalam port USB ada debu

5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang seringkali mengalami kerusakan 1

Mungkin saja port USB pada ponsel kamu tersumbat debu atau kotoran yang dapat menghambat aliran listrik. Kamu bisa mencoba membersihkannya dengan menggunakan sedotan atau agar maksimal kamu bisa menggunakan mesin kompresor udara kalengan. Dengan tiupan yang cukup kuat dari kompresor akan dapat membersihkan sumbatan pada port USB tersebut.

Posisi Strip pada Port USB Sedikit Berubah

5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang seringkali mengalami kerusakan 1

Jika kamu memperhatikannya tepat ditengah bagian port USB ada sebuah strip dengan ukuran kecil. Strip tersebut terkadang seringkali kendor yang dapat mengakibatkan colokan USB nya tidak stabil. Itu yang seringkali menyebabkan ponsel kamu tidak bisa melakukan pengisian daya dengan baik.

Agar bisa berfungsi dengan baik lagi kamu harus melakukan perbaikan sedikit. Caranya cukup mudah, kamu perlu mengungkitnya ke bagian atas dengan menggunakan tusuk gigi. Trik ini seringkali dipakai untuk mengatasi permasalahan pengisian daya baterai.

Pergunakan Alat Pengisian Daya dengan benar

5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang seringkali mengalami kerusakan 1

Meskipun banyak alat pengisian daya baterai dengan bentuk colokannya yang sama tapi tidak akan sebaik alat bawaan yang asli. Perbedaan arus yang dimiliki tentunya akan mengakibatkan kelambatan mengisi bahkan bisa saja baterai bisa dengan gampang mengalami kebocoran.

Jika kamu akan memakai charger yang sifatnya universal pastikan terlebih dahulu apakah memiliki tegangan yang sama dengan charger asli kamu.

Kamu Juga Bisa Cek Baterai yang Kamu Pergunakan

5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang seringkali mengalami kerusakan 1

Setiap baterai ponsel pintar tentunya sudah didesain untuk bisa dipergunakan dan bekerja secara optimal selamanya. Seringkali ketika sudah melewati usia 2 tahun, baterai yang kamu gunakan akan mengalami gangguan-gangguan keusangan.

Ini sangat mudah untuk kamu ketahui caranya kamu bisa mematikan ponsel pintar yang kamu miliki lalu mencabut baterainya dan perhatikan apakah baterai tersebut mengalami kekembungan atau adanya cairan, bila begitu, sudah dipastikan kamu harus segera mengganti baterai tersebut, dan jangan lupa untuk menggunakan baterai dengan kualitas baik dan original.

Kamu Bisa Melakukan Upgrade atau Downgrade pada Ponsel Pintar yang kamu gunakan

5 Tips Cara Memperbaiki Charger yang seringkali mengalami kerusakan 5

Seringkali terjadi ketika melakukan upgrade software yang memunculkan masalah charging seperti keborosan baterai dan lambatnya pengisian. Jika terjadi hal seperti ini kamu bisa melakukan downgrade kembali sistem software yang sebelumnya kamu upgrade.

Selain dari pada itu, meng-upgrade juga akan memperbaiki berbagai bug yang dapat menyebabkan masalah pengisian daya.  Ini akan terasa ketika kamu meng-upgrade sistem Android yang digunakan. Akan tetapi upgrade aplikasi tidak akan memberikan efek yang signifikan.

*Ini adalah artikel Blog Post, uceng999.com tidak menjamin keakuratan informasi yang diberikan serta admin web mungkin tidak punya kapasitas untuk menjawab secara akurat pertanyaan yang mungkin di ajukan oleh pembaca seputar topik yang di bahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.