5 Kegunaan dan Fungsi Bluetooth di Kehidupan Modern Saat Ini

By | 16 July 2016

5 Kegunaan dan Fungsi Bluetooth di Kehidupan Modern Saat Ini

5 Kegunaan dan Fungsi Bluetooth di Kehidupan Modern Saat Ini – Bluetooth adalah jaringan tanpa kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan atau bertukar data ke masing – masing perangkat yang kompatibel. Teknologi Bluetooth ini dikembangkan oleh Bluetooth Special Interest Group.

Sebenarnya Bluetooth v 1.0 pertama kali di luncurkan pada tahun 1999, hanya saja sebagian besar orang baru mengenal Bluetooth melalui teknologi yang sudah di tanamkan pada handphone untuk bertukar data atau file seperti musik mp3, video, foto dan lain sebagainya.

5 Kegunaan dan Fungsi Bluetooth di Kehidupan Modern Saat Ini

Di era digital seperti sekarang ini hampir semua perangkat elektronik seperti handphone, camera, smarttv, laptop, komputer sudah di lengkapi dengan Bluetooth. Ini menandakan bahwa memang sangat pentingnya peranan dari Bluetooth. Berikut ini selengkapnya lima kegunaan dan fungsi Bluetooth di kehidupan modern saat ini.

1. Untuk transfer file antar perangkat

Inilah fungsi utama dari Bluetooth yang banyak orang ketahui saat ini, yakni untuk bertukar atau mengirim file dari satu perangkat ke perangkat lain yang sama – sama tertanam teknologi Bluetooth di dalamnya.

2. Untuk print file / dokumen

Saat ini sudah ada printer yang suport dengan koneksi Bluetooth, jadi kamu tidak perlu lagi repot – repot menggunakan kabel data atau harus melepas kartu memori dan menghubungkannya dengan card reader.

3. Mendengarkan musik tanpa kabel

Saat ini sudah tersedia speaker dan juga headset yang suport Bluetooth, jadi kamu tak perlu lagi merasa terganggu dengan kabel – kabel yang menjuntai manakala ingin mendengarkan lagi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

4. Penghubung antar hardware

Tak selalu untuk menghubungkan fungsi hardware harus menggunakan kabel, sebagai contoh mouse dan keyboard. Sekarang ini kedua hardware penting tersebut sudah suport Bluetooth.

Ada lagi contoh lain adalah gamepad atau stik kontroler untuk bermain game misal di PlayStation. Perangkat stik tersebut bisa terhubung dengan teknologi Bluetooth, tanpa kabel jadi lebih simpel bukan?

5. Berbagi koneksi internet

Membagi koneksi internet ke perangkat lain tidak hanya bisa di lakukan dengan tathering wifi saja. Lalu bagaimana jika ada perangkat yang tidak memiliki fitur wifi? nah Bluetooth juga mendukung berbagi koneksi internet, namun tidak semua perangkat seperti smartphone sekarang ini menanamkan fitur ini.

Baca juga:

Bluetooth ini juga menjadi solusi atas permasalahan di pendahulunya yakni Infrared atau sering kita menyebutnya inframerah yang memiliki kecepatan transfer yang rendah. Saat ini Bluetooth sudah masuk ke versi 4, hanya saja sebagian besar perangkat masih menanamkan versi 3.

Vimax Canada
Category: Info Tekno Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.