5 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Rumah Selama Karantina

Di masa pandemi Covid-19, orang-orang dianjurkan untuk selalu memakai masker, melakukan social distancing atau psychical distancing, serta melakukan karantina di rumah. Tujuannya agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, yang cepat menular bila terjadi banyak interaksi antara satu dengan yang lainnya.

AGEN333

Cara yang paling aman dalam memutus rantai Covid-19 adalah dengan melakukan karantina. Selain aman, karantina di rumah memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya  pengeluaran lebih hemat, makanan yang disantap menjadi lebih sehat dan adanya waktu luang ekstra yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Tak bisa dipungkiri bahwa di karantina merupakan suatu hal yang membosankan. Anda mungkin bingung dalam memilih aktivitas apa yang harus dilakukan bila berada di rumah dalam waktu yang lama.

5 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Rumah Selama Karantina

Artikel ini akan membahas 5 hal yang bisa dilakukan selama karantina, agar Anda dapat membuang rasa bosan saat berada di rumah. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bermain Alat Musik

Selain menghilangkan stress, bermain musik juga dapat mengisi waktu luang di masa karantina. Anda dapat memilih salah satu alat musik yang Anda kuasai, entah itu piano, gitar akustik, drum dan atau alat musik lainnya.

Sebelum pandemi, mungkin Anda tidak punya waktu luang dalam memainkan musik yang Anda sukai. Di masa karantina inilah Anda dapat mengasah skill bermain musik sekaligus bernyanyi bersama anggota keluarga yang ada di rumah.

2. Membersihkan Rumah

Sebelum pandemi datang, banyak orang yang tidak punya waktu dalam membersihkan rumah, khususnya pada bagian ruangan yang tidak dilalui atau tidak digunakan. Hal ini membuat perabot dan ruangan menjadi penuh debu dan kotoran.

Masa karantina menjadi salah satu kesempatan untuk Anda agar dapat membersihkan rumah secara menyeluruh. Gunakan berbagai alat pembersih seperti vacuum cleaner, kain pel, kemoceng dan  peralatan lainnya. Bila perlu, ajak seluruh anggota keluarga Anda untuk ikut bagian dalam membersihkan rumah, supaya terjadi keakraban antara satu dengan yang lainnya.

 3. Memasak Makanan dan Membuat Jus Sehat

Masa karantina merupakan masa emas untuk membuat resep baru atau makanan kesukaan keluarga. Anda dapat memasak kue, sayur, atau aneka gorengan favorit untuk disajikan bersama-sama. Tidak usah memasak yang rumit, setidaknya memasak menjadi alternatif bagi Anda untuk mengisi waktu luang di masa karantina.

Membuat jus sehat ternyata juga tidak kalah pentingnya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda wajib membuat jus supaya tetap bugar dan berstamina. Pilih saja buah atau sayuran yang sering dikonsumsi, gunakan blender atau juicer, kemudian sajikan bersama anggota keluarga.

4. Membaca Buku

Anda mungkin memiliki koleksi buku yang sampai saat ini belum dibaca. Di masa karantina inilah menjadi waktu yang tepat untuk membaca buku tersebut atau membeli buku baru yang diinginkan, entah itu novel, buku self-improvement, buku sejarah, atau buku-buku lainnya.

Usahakan agar Anda dapat leluasa membaca buku di rumah. Pilih ruang favorit yang Anda entah itu di kamar, di kasur busa atau foam mattress, di ruang tamu, atau di loteng rumah.

5. Menonton Film

Hal terakhir dan menjadi salah satu yang paling penting dalam mengisi waktu saat karantina adalah dengan menonton film. Anda dapat memilih film atau series yang sesuai dengan genre yang Anda inginkan.

Bila Anda memiliki anggota keluarga, diskusikan dengan mereka tentang film apa saja yang akan diputar. Ketika semuanya setuju dengan satu film, maka tontonlah bersama-sama. Namun sebelumnya pastikan Anda menyiapkan berbagai cemilan atau minuman agar kegiatan menonton bersama keluarga menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Catatan

Ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan saat masih dikarantina. Beberapa hal yang dapat dilakukan seperti bermain game di PC atau di konsol permainan, menata ruangan, melakukan aerobik atau yoga, nonton streaming video favorit, bermain bersama hewan peliharaan dan lain sebagainya. Intinya, buatlah Anda atau keluarga tidak bosan saat berada di rumah dalam waktu yang lama.

Demikian artikel tentang 5 hal yang dapat Anda lakukan di rumah selama karantina, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengisi waktu luang yang berkualitas saat di rumah, baik bila Anda masih single maupun yang sudah berkeluarga.

AGEN333