5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan

5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan

5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan – Dampak negatif dari sinar biru (blue light) patut kita waspadai, karena hampir setiap hari kita terkena paparan dari sinar biru ini. Sinar biru di pancarkan oleh benda elektronik seperti layar komputer, laptop dan juga smartphone.

Rgocasino

Kebiasaan seperti bermain smartphone di ruang gelap, merupakan salah satu kebiasaan yang sangat buruk kaitannya dengan efek dari sinar biru. Berikut ini lima dampak negatif dari sinar biru pada organ tubuh manusia.

Bahaya sinar biru untuk kesehatan

1. Kerusakan retina mata

Sinar biru dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata, bagian ini merupakan organ penting pada mata. Kerusakan retina yang di sebabkan oleh sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula, yaitu hilangnya kemampuan mata untuk melihat objek sentral di depan mata.

Namun penelitian ini berlaku untuk paparan sinar biru yang terlalu dekat dengan retina mata. Jadi meskipun di larang, penggunaan smartphone di ruang gelap pada kondisi dan jarak normal tidak akan memberikan dampak demikian.

Baca juga: Apakah WiFi Berbahaya Bagi Kesehatan?

2. Menimbulkan katarak

Bandar Q

Meskipun pernyataan ini perlu penelitian lebih lanjut, seorang dokter menuturkan bahwa kini semakin banyak orang – orang berusia 35 tahun sudah mengalami perubahan warna mata dengan indikasi katarak seperti yang terjadi pada orang – orang lansia.

Meskipun tidak begitu saja dapat mengaitkan antara sinar biru dengan katarak, namun tidak menutup kemungkinan ada keterkaitan di antara keduanya. Jika demikian, ada baiknya bagi kita untuk mewaspadainya.

3. Merusak siklus tidur alami

Sinar biru dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yakni hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Otak memulai memproduksi hormon ini ketika seseorang sudah terleap tidur, namun ternyata sinar biru mengganggu proses ini.

Ini lah salah satu alasan kenapa smartphone dapat merusak siklus tidur alami kamu. Dampak yang di berikan mulai dari kelelahan, obesitas hingga masalah memori lainnya.

4. Lebih berisiko terkena kanker

Hormon melatonin selain menjaga siklus tidur, juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Peneliti menemukan dampak buruk lainnya dari sinar biru, yakni peningkatan risiko terkena kanker.

Meskipun hubungan sebab akibat belum ditemukan, penekanan produksi melatonin dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara bagi kaum wanita dan kanker prostat bagi kaum pria.

5. Lebih mudah stres dan depresi

Peneliti juga menyimpulkan bahwa paparan sinar biru secara terus menerus dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena stres. Kombinasi gangguan tidur, kelelahan dan lain sebagainya memperburuk kondisi stres seseorang.

Baca juga: Bahaya Kesehatan Tidur Dekat Smartphone Setiap Hari

Ternyata banyak juga ya dampak dari sinar biru ini, dengan mengetahui beberapa bahaya di atas tentunya kita menjadi lebih berhati – hati dan lebih bijak dalam menggunakan benda – benda elektronik seperti smartphone di kehidupan sehari – hari.

2 thoughts on “5 Bahaya Sinar Biru, Ternyata Dampaknya Mengerikan

  1. isa Iman

    gan, mau tanya nih.. untuk indikasi mata sering lelah, mual, pusing saat liat layar komputer itu gmn ya?? apa perlu memakai kacamata anti radiasi?? kalo beli dimana yah? apa harus di toko online? di toko offline ada kah?, dn apa perbedaan kacamata anti radiasi komp yang asli dan palsu? gmana cara membedakannya?

    1. d.bhaghoz Post author

      Mungkin saya adalah salah satu orang yang tidak pernah bisa lepas dari komputer, setiap hari dan malam saya selalu online dan mungkin istirahat hanya ketika makan, mandi dan tidur saja.

      Gejala seperti mata mudah lelah, hilang fokus, mual, pusing, tegang dikepala itu umum sekali di alami. Kalau terjadi demikian saya sarankan untuk cek dokter dan biasanya disuruh istirahat selama beberapa hari. Tapi biasanya selain kecapekan adalah kurang darah atau darah rendah, terlebih yang hingga kurang tidur. Sarannya asupan makannya juga diperhatikan, prioritaskan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti kangkung dan daging kambing (kalau tidak salah).

      Jika saya sendiri masalah pusing dan hilang fokus dapat diatasi dengan penggunaan kacamata antiradiasi, jadi pancaran sinar radiasi dari monitor dan lampu ruangan dapat tersaring. Menurut saya bagi kamu yang sering di depan monitor komputer dan gadget wajib pakai kacamata antiradiasi. Jika kita lihat contoh di luar negeri penggunaan kacamata antiradiasi sudah menjadi kebiasaan, di Indonesia saja masih jarang dan sering kita lihat orang kerja dengan mata ‘telanjang’ di depan komputer hingga berjam-jam.

      Kacamata antiradiasi dapat dibeli di toko optik, namun tentunya harganya lebih mahal dari pada beli secara online, mengingat di toko dunia nyata ada biaya operasional toko. Kalau saya dulu beli di Bukalapak dengan harga beberapa ratus ribu saja dan saya rasa jarang sekali ada jual kacamata antiradiasi palsu. Kacamata antiradiasi terlihat agak biru ketika di lihat dari sudut pandang miring, selain itu warna cerah dari layar monitor terlihat meredup ketika pakai kacamata antiradiasi komputer. Coba deh simak artikel ini: http://ubloger.com/pengalaman-memakai-kacamata-anti-radiasi-layar-komputer/ :)

Comments are closed.