4 Cara Cepat Dapatkan Pekerjaan Setelah Lulus

4 Cara Cepat Dapatkan Pekerjaan Setelah Lulus

Luxury138

4 Cara Cepat Dapatkan Pekerjaan Setelah Lulus – Ingat kah kamu semasa sekolah atau kuliah? selalu berpikiran untuk cepat lulus kemudian bisa mendapatkan pekerjaan yang mapan atau karir impian. Bagi kamu yang sudah lulus atau belum, perlu ditekankan bahwa mendapatkan pekerjaan terbaik bukanlah hal yang mudah.

Kamu harus mampu bersaing dengan banyak pelamar lainnya untuk satu posisi pekerjaan. Informasi lowongan pekerjaan sangat mudah kamu dapatkan di era informasi seperti sekarang ini, yang sulit adalah memenangkan persaingan.

Texaspoker

Nah bagi kamu yang baru memulai terjun di dunia kerja, berikut ini empat tips agar kamu cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus:

4 Cara Cepat Dapatkan Pekerjaan Setelah Lulus

1. Tonjolkan kemampuan kamu di luar bidang akademik

Ketika kamu terjun di dunia kerja nantinya, tak semata – mata hanya nilai akademik kamu yang di perhitungan oleh perusahaan. Pengalaman di luar bidang akademik penting bisa jadi nilai plus yang bisa memperbesar persentase kamu di terima bekerja.

Memiliki kemampuan di luar bidang akademik menunjukan bahwa kamu adalah orang yang aktif semasa kuliah. Jadi kamu tidak hanya melulu berada di dalam lingkungan kampus saja, tetapi terjun langsung di masyarakat.

Baca juga:  Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Sambil Kerja

2. Sebutkan prestasi paling gemilang

Apakah kamu pernah menjuarai sebuah kompetisi atau lomba tertentu? jika iya maka hal ini bisa jadi nilai plus untuk kamu. Selain kompetisi, penghargaan lain seperti beasiswa juga menunjukan bahwa kualifikasi kamu lebih menonjol di bandingkan dengan orang lain.

3. Mintalah rekomendasi dari orang lain

Meskipun kamu belum belum memiliki pengalaman kerja profesional, paling tidak kamu pernah terlibat dalam mengerjakan sesuatu. Sebagai contoh kamu bisa meminta bantuan kepada ketua organisasi untuk memberikan rekomendasi. Atau kamu juga dapat meminta surat rekomendasi dari dosen pembimbing skripsi.

Perlu kamu ketahui bahwa surat rekomendasi penting kamu miliki. Berkas ini sangat membantu kamu saat sesi wawancara untuk mengetahui karakter atau kepribadian kamu lebih mendalam.

Baca juga: Bahagia Atau Menderita? Ini Kata Mantan Pegawai Google

4. Tunjukkan kemampuan terbaik kamu sesuai posisi pekerjaan yang kamu lamar

Ketika kamu melamar satu posisi pekerjaan, maka gali informasi lebih dalam tentang posisi pekerjaan tersebut. Kamu perlu tunjukkan kemampuan terbaik kamu sesuai kualifikasi posisi pekerjaan tersebut.

Ketika kamu tidak punya kelebihan dan pengalaman maka tak seharusnya kamu sebutkan semua di surat lamaran kamu. Cukup tonjolkan apa yang menjadi kelebihan kamu, buat perusahaan yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.

Memilih pekerjaan memang perlu kamu lakukan, pilihlah pekerjaan yang sekiranya sesuai dengan minat kamu. Namun pastikan kamu tidak memilih – milih pekerjaan hanya karena faktor gaji semata ya?

Luxury138